Cara Investasi Reksadana Mudah Untuk Anda Lakukan (cnnindonesia.com)

Cara Investasi Reksadana Mudah Untuk Anda Lakukan

Cara investasi reksadana untuk membangun masa depan keuangan yang lebih baik. Sebaiknya saat masih muda dan produktif, tidak hanya berperilaku konsumtif. Namun Anda juga perlu melakukan investasi.

Kini Anda tidak perlu khawatir lagi untuk melakukan investasi. Tersedia produk investasi yang bisa dibeli dengan modal terjangkau. Namun juga dapat memperoleh keuntungan maksimal. Investasi yang bisa Anda lakukan tersebut yaitu reksadana.

Inilah Cara Investasi Reksadana

Untuk melakukan investasi reksadana yang menguntungkan, tentunya cukup mudah. Anda bisa mengetahui cara investasi tersebut berikut ini.

Pilih Platform

Investasi di reksadana bisa menggunakan platform reksadana online. Hal itu karena cukup murah dan mudah. Pilih platform reksadana online yang menjual reksadana dari keseluruhan manajer investasi.

Sehingga tidak menjual satu manajer investasi saja. Namun banyak dan Anda memiliki variasi pilihan. Saat ini sudah banyak platform digital, seperti Mandiri Investasi, Ipot Indopremier, Bareksa, dan sebagainya.

Daftar Anggota

Apabila Anda menggunakan Ipot, tidak perlu hadir ke kantornya. Pihak Ipot yang akan bertemu dengan Anda setelah selesai isi formulir anggota via online. Membuat janji secara online untuk menemui petugas yang datang meminta tanda tangan basah.

Pembukaan rekening reksadananya di Mandiri Sekuritas dapat menggunakan media video call. Hal itu sebagai ganti untuk tatap muka.

Kembali mengenai pembukaan rekening, ada hal penting untuk diperhatikan. Info rekening tabungannya harus sudah dijamin benar. Saat pencairan uangnya dari reksadana, akan dilakukan ke rekening tersebut.

Deposit Dana

Setelah terdaftar sebagai anggotanya, Anda segera masuk ke layanan reksadana. Cara investasi reksadana dengan melakukan deposit dana. Tentunya di rekening yang terdaftar di Ipot.

Setelah transfer, Anda bisa mengeceknya melalui aplikasi. Setelah dana efektif, Anda dapat melakukan investasinya. Namun sebelumnya, pilih reksadana saham yang akan diinvestasikan. Investasi yang sesuai tujuan keuangan Anda.

Memilih Reksadana Saham

Anda bisa melihat reksadana saham yang tersedia di platform online. Sebaiknya cek daftar reksadana saham yang tersedia di Ipot.

Hal itu karena sebagus apapun suatu reksadana saham, apabila tidak terdaftar di platform yang Anda gunakan, maka Anda tidak bisa membelinya.

Saat ini, Ipot bekerjasama dengan 31 manajer investasi dan 181 reksadana. Setelah melihat daftar reksadana saham yang tersedia, Anda saat ini bisa melakukan pemilihan.

Membeli Reksadana Saham

Setelah menentukan opsi, Anda bisa lakukan pembelian reksadana. Proses pembeliannya di Ipot, bisa berbeda pada platform online yang lainnya.

Meskipun sebenarnya memiliki prinsip yang sama. Anda perlu memilih jenis reksadana saham. Hal itu agar platform hanya menampilkan daftar jenis ini saja. Anda juga bisa lebih fokus untuk memilihnya.

Dari daftar tersebut, Anda perlu cara memilih reksadana saham yang akan diinvestasikan. Setiap reksadana menyediakan tombol ‘buy’ dan ‘sell’, yang letaknya di ujung kanan.

Klik pilihan ‘buy’, kemudian muncul form. Form yang meminta Anda mengisikan jumlah investasi.  Setelah Anda mengisikan jumlah investasinya, Anda harus klik ‘confirm’ yang tersedia di bagian bawah form. Investasi reksadana saham diproses oleh platform online.

Memonitor

Dalam investasi, perlu mengetahui cara mengevaluasi kinerja reksadana. Hal tersebut untuk monitoring perkembangan kinerjanya secara efektif dan akurat mengenai nilai investasi reksadana dan potensi keuntungan atau kerugian.

Menjual

Cara menjual atau meredeem reksadana yang mudah dilakukan. Salah satu manfaat reksadana saham, memberikan kemudahan saat pencairan. Saat masuk ke dalam aplikasinya, Anda memperoleh daftar portofolio reksadana yang Anda miliki saat ini.

Dalam aplikasinya, Anda hanya perlu memilih tombol ‘sell’. Tersedia dua pilihan cara untuk menjualnya. Berdasarkan jumlah unit reksadana atau nilai uang yang akan dicairkan.

Anda bisa mengisi kolom yang sudah disediakan. Kemudian Anda diminta menentukan ke rekening untuk dana hasil pencairan reksadana. Anda bisa menggunakan rekening bank di platform Ipot.

Selain itu, transfer ke rekening milik Anda agar bisa menarik dananya. Kini Anda bisa mengetahui cara investasi reksadana. Investasi yang menguntungkan dan pastinya mudah dilakukan.