Pengertian Exponential Moving Average Beserta Kelebihannya (admiralmarkets.com.au)
Pengertian Exponential Moving Average Beserta Kelebihannya (admiralmarkets.com.au)

Pengertian Exponential Moving Average Beserta Kelebihannya

Moving Average (MA) adalah indikator saham yang sangat populer karena memiliki sejuta manfaat. Pasalnya, indikator MA ini bisa Anda gunakan untuk alat bantu guna melihat titik support resisten dalam trading atau kecenderungan tren saham.

Jika Anda membaca suatu berita tentang analisis dan rekomendasi saham, maka Anda juga akan melihat ulasan dari para penulis yang telah menggunakan indikator tersebut.

Mengenal Arti dari Moving Average Beserta Contohnya

Indikator MA ini terdiri dari berbagai macam jenis seperti SMA dan EMA. Apakah ini? Pasalnya, dari kedua indikator tersebut umumnya sangat populer karena sering digunakan.

Dalam settingan default atau umum indikator MA merupakan SMA. Sehingga kemungkinan besar jika berita ulasan saham yang tertulis MA, maka yang dimaksud adalah SMA (Simple MA).

Lalu apa saja kegunaan dari Exponential MA? Apa bedanya juga dengan Simple MA? Mari kita bahas pada uraian berikut ini.

SMA

Simple Moving Average merupakan indikator MA yang mampu memberikan penilaian sama di setiap jumlah hari di time frame MA. Misalnya Anda akan menggunakan indikator MA 20.

MA 20 ini artinya adalah dari rata-rata MA selama dalam periode 20 hari. Jadi, dalam SMA untuk hari pertama dan hari kedua puluh, maka akan diberikan nilai atau bobot yang sama.

EMA

Exponential MA merupakan indikator MA yang mampu memberikan penilaian atau pembobotan hari yang lebih besar lagi di hari terakhir atau hari terbaru. Misalnya Anda akan menggunakan MA 20, maka pada hari kedua akan diberikan nilai yang jauh lebih besar daripada hari pertama.

Demikian pula pada hari ketiga, pembobotan nilainya juga akan lebih besar lagi daripada hari kedua maupun hari pertama. Jadi, pembobotan nilai yang besar adalah pada hari terakhir atau ke 20.

Apakah sudah paham mengenai dasar-dasar Exponential Moving Saham (EMA)?

Jadi, semakin ke depan, maka pada pembobotan harinya juga akan lebih besar daripada hari sebelumnya. Artinya harga saham tersebut juga akan berkaitan pula dengan historis yang telah terjadi.

Untuk mengetahui prediksi harga saham yang terbentuk kemarin atau satu bulan, tentunya harga saham yang paling akhir atau hari ini. Selain itu, para trader juga akan lebih melihat pola candle dan akumulasi buy sell yang terbentuk pada hari ini guna tahu kecenderungan atas harga untuk keesokan harinya.

Kelebihan EMA

Pasalnya EMA ini lebih dekat ke harga saham, jadi pada sinyal trading yang akan dihasilkan juga akan lebih cepat. Selain itu, Anda juga bisa melihat saham yang sudah mulai turun ke MA lebih cepat atau sebaliknya.

Jadi, dengan EMA Anda dapat melihat lebih cepat lagi akan perubahan tren atau support resisten saham yang sedang terjadi. Lalu Indikator Moving Average juga sangat bermanfaat, salah satunya untuk melihat trend saham.

EMA Lebih Efektif

Jika Anda bertanya mengenai bagus mana antara EMA dan SMA, maka jawaban yang tepat adalah tergantung dari tujuan maupun time frame yang sedang Anda jalankan. Selama trading yang dijalankan, maka EMA juga sangat bagus untuk trader harian dan trader memiliki tujuan agar trading lebih cepat.

Hal ini karena sinyal dari Exponential Moving Average (EMA) sendiri juga relatif lebih cepat dan cocok digunakan untuk trading. Sedangkan jika trader harian yang menggunakan SMA, maka sinyal yang akan dihasilkan lebih lama.