Reksadana BCA Terbaik Beserta Jenis Hingga Cara Membelinya

Reksadana BCA Terbaik Beserta Jenis Hingga Cara Membelinya

Reksadana BCA merupakan salah satu pilihan yang dapat Anda gunakan untuk membeli produk reksadana melalui bank tersebut. Reksadana adalah produk investasi yang memakai metode penghimpunan dana melalui atau dari investor.

Selanjutnya dana tersebut diinvestasikan manajer, baik melalui instrumen obligasi, deposito, saham, serta produk pasar uang. Reksadana tersebut memberikan kemudahan untuk bisa berinvestasi tanpa memikirkan cara pengelolaannya. Tempat untuk Anda investasi reksadana adalah melalui bank.

Jenis Produk Pilihan Reksadana BCA

Untuk mengetahui secara jelas mengenai jenis produk yang bisa dibeli melalui manajer investasi yang melakukan kerjasama dengan BCA, kita ulas secara detail.

Reksadana Terproteksi

Nah, reksadana ini sesuai dengan namanya ada proteksi 100 persen untuk nilai investasi di awal apabila Anda tidak mencairkan hingga jatuh tempo.

Sesuai dengan ketentuan, jangka waktu investasi produk yakni 1-3 tahun. Hal ini sangat cocok untuk investor konservatif.

Reksadana Pendapatan Tetap

Dalam jenis ini, Anda harus berinvestasi sedikitnya 80 persen dari nilai aktiva bersih atau NAB pada obligasi atau efek utang. Lalu jangka waktu tersebut hanya 1-3 tahun.

Reksadana Pasar

Jenis reksadana BCA ini merupakan investasi yang ditempatkan pada instrumen pasar uang. Selain itu, efek dalam negeri dengan jangka waktu tidak boleh lebih dari satu tahun.

Jenis ini lebih cocok untuk investasi jangka pendek. Tak hanya itu, cocok juga untuk yang tidak menginginkan risiko tinggi atau konservatif.

Reksadana Campuran

Jenis reksadana campuran ini merupakan produk investasi reksadana yang dananya ditempatkan di obligasi, saham, serta pasar uang.

Untuk jangka waktunya hanya 3-5 tahun. Risikonya pun cukup tinggi, tapi hasil yang didapatkan sebanding dengan lamanya tersebut.

Reksadana Saham

Jenis ini dananya ditempatkan pada pasar saham minimal 80 persen dari NAB. Jenis ini memiliki risiko cukup tinggi karena jangka waktunya lebih dari 5 tahun. Namun imbal hasilnya lebih tinggi. Jenis tersebut lebih cocok untuk investor agresif.

Tips Membeli Reksadana Bank BCA

Bagi Anda yang ingin membeli reksadana BCA, caranya sangat mudah. Anda harus mendatangi kantor cabang BCA terdekat dengan lokasi Anda yang menjual produk reksadana.

Lokasi pembelian tersebut telah tersebar dari cabang Sumatera hingga ke Papua. Namun syarat yang harus Anda siapkan adalah identitas diri berupa Kartu Tanda Penduduk atau paspor.

Selain itu, Anda juga membawa NPWP. Nantinya Anda akan mendapatkan formulir dari petugas berupa formulir pembelian dan portofolio yang harus Anda isi.

Anda tentukan satu pilihan, karena produk reksadana ada berbagai jenis, yakni reksadana pendapatan tetap, reksadana pasar uang, reksadana campuran, reksadana terproteksi, dan reksadana saham. Jika telah selesai, maka Anda dapat melakukan transfer dana.

Keunggulan dan Kekurangan

Salah satu keunggulan dari reksadana BCA adalah minimal pembelian sangat ringan. Anda hanya perlu menyiapkan dana Rp. 100 ribu pada awal waktu dan selanjutnya.

Bahkan diversifikasi produk reksadana cukup beragam. BCA bekerja sama dengan perusahaan manajer investasi yang ternama yakni Panin Asset Management dan Danareksa.

Salah satu kekurangannya adalah membeli reksadana tidak dapat langsung ke manajer investasi sehingga kemungkinan ada biaya tertentu yang dikenakan.

Pihak BCA hanyalah perantara jual beli produk reksadana. Manajer investasi menjadi yang berhak menerbitkan racikan dari produk reksadana yang bisa diinvestasikan oleh para investornya.

Dengan mengetahui tentang reksadana BCA, Anda dapat menentukan pilihan dan mulai berinvestasi.