Cara Investasi di Bibit Untuk Para Investor Pemula (idntimes.com)
Cara Investasi di Bibit Untuk Para Investor Pemula (idntimes.com)

Panduan Dalam Membeli Sebuah Saham Pertamina

Saham Pertamina merupakan jenis penanaman investasi pada salah satu perusahaan yang besar yang berada di Indonesia. Menjadi perusahaan yang tidak ada pesaingnya (monopoli). Tentunya Anda sangat mudah dalam menentukan pertamina, dan juga selalu dibutuhkan oleh masyarakat.

Meskipun Anda sebagai masyarakat umum, sebenarnya Anda bisa memiliki kesempatan dalam mempunyai saham ini. Dengan kata lain, Anda bisa menjadi investor Pertamina Indonesia. Terlebih dahulu, Anda harus mengetahui mengenai struktur dari perusahaan pertamina.

Pertamina Gas merupakan bagian dari Holding Gas yang berada di Indonesia yang mempunyai peran dalam berbagai usaha. Misalnya saja niaga gas, transportasi gas, pemrosesan dan distribusi gas serta terdapat bisnis lainnya yang berkaitan dengan gas alam dan produk yang menjadi turunnya.

Sehingga, jika Anda ingin membeli saham milik pertamina, Anda tidak bisa membelinya secara langsung dari PT Pertamina Gas. Sebab PT Pertamina Gas tidak go public. Maka sahamnya tidak bisa diperjualbelikan begitu saja oleh investor umum (masyarakat).

Namun, Anda bisa membeli menjadi pemegang saham mayoritasnya, yakni melalui PT Perusahaan Gas Negara Tbk. atau kode sahamnya yakni PGAS. Sebab perusahaan tersebut yang mencatatkan saham-sahamnya pada Bursa Efek Indonesia. Maka Anda bisa membeli saham perusahaannya.

Lalu untuk membelinya bagaimana? Anda bisa menyimak ulasan di bawah ini.

Cara Membeli Saham Pertamina

Membuka Akun Saham

Cara membeli saham Pertamina yang pertama, Anda bisa membuka akun saham di kantor online atau sekuritas.

Sebab untuk membeli saham pada Bursa Efek, Anda harus mempunyai rekening efek. Karena nantinya Anda akan membeli saham melalui software online yang trading yang telah disediakan oleh kantor sekuritas.

Bisa juga Anda membuka akun saham terlebih dahulu pada kantor sekuritas terdekat. Anda juga dapat melakukan buka rekening secara online. Proses dalam pembukuan rekening saham nanti Anda membutuhkan waktu kurang lebih 2 hari sampai dengan 2 mingguan.

Login ke Software Saham

Pada langkah ini anda bisa login pada software saham lalu klik trade kemudian klik buy.

Nantinya Anda akan diarahkan pada order buy.

Untuk dapat membeli saham Pertamina, Anda bisa memilih kode saham yakni PGAS yang kode saham dari PT Perusahaan Gas Negara Tbk. Kemudian Anda bisa melihat antrian dari harga saham tersebut.

Antrian harga saham sendiri terdiri dari offer juga bid. Apabila ingin melihat harga saham PGAS yang terakhir, Anda bisa melihat pada harga best offernya.

Jika akan membeli saham PGAS, Anda bisa memasukkan harga beli (Price) serta jumlah lot (Lots) tentunya yang Anda inginkan.

Dalam setiap pembelian pada saham, nantinya akan dikenakan fee beli. Hal tersebut juga berlaku saat Anda akan menjual saham. Namun tidak perlu merasa khawatir, jumlah untuk fee jual dan juga beli memiliki nominal yang kecil.

Setelah itu, Anda bisa meng klik BUY , lalu Anda sudah bisa dinyatakan mempunyai saham Pertamina, melalui sebuah pembelian dari saham PGAS (PT Gas Negara Tbk).

Menganalisis Grafik

Adapun tujuan dalam membeli saham yakni untuk bisa memperoleh keuntungan, yang mana nantinya bisa menjual saham dengan harga yang lebih tinggi daripada harga beli Anda. Maka dari itu sebelum Anda membeli saham, sebaiknya harus melakukan sebuah analisis grafik atau teknikal sahamnya terlebbih dahulu.

Sebab adanya grafik saham bisa memberikan sebuah informasi pada Anda. Dengan menganalisis grafik, Anda dapat melihat apakah saham tersebut bagus dan murah untuk dibeli atau malah sebaliknya.

Nah itu tadi panduan dalam cara membeli saham Pertamina di PT Gas Negara Tbk (PGAS).