Strategi Investasi Saham Jangka Panjang, Dapatkan Untung Gemilang (ca.finance.yahoo.com)
Strategi Investasi Saham Jangka Panjang, Dapatkan Untung Gemilang (ca.finance.yahoo.com)

Strategi Investasi Saham Jangka Panjang, Dapatkan Untung Gemilang

Di tengah situasi pandemi Coronavirus (Covid-19) ini, tidak ada salahnya jika Anda mengupgrade strategi keuangan Anda. Terlebih dalam strategi investasi saham jangka panjang.

Bagi Anda yang sudah berinvestasi saham, tentunya sudah mengetahui pula apabila akhir-akhir ini Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berubah-ubah atau fluktuatif. Namun, hal tersebut nyatanya bukanlah suatu permasalahan bagi para investor saham. Para investor saham jangka panjang malah tak berniat menjual saham yang mereka miliki dan mengupayakan pertahanan sahamnya tersebut.

Bagaimana Strategi Investasi Saham Jangka Panjang Agar Menghasilkan Untung Gemilang?

Dengan berinvestasi saham jangka panjang ini, bisa memungkinkan dana Anda berkembang maju mengalahkan laju inflasi. Adanya peluang untung besar yang ditawarkan saham, risiko rugi besar pun juga siap menerkam di baliknya.

Hanya dengan strategi yang tepatlah, investasi dengan saham bisa memberi keuntungan kepada Anda dalam jangka panjang. Lalu apa saja strategi itu? Telusuri lewat artikel di bawah ini.

  1. Persiapkan Dana

Dana yang dimaksud di sini bukan hanya dana untuk investasi, melainkan dana darurat pula. Dalam berinvestasi saham, sebenarnya tak harus terus-menerus dengan banyak dana. Paling tidak hanya memerlukan 20 persen dari pendapatan bulanan Anda. Atau Anda bisa saja menyisihkan 10 persen dari dana tabungan untuk kemudian Anda alokasikan ke investasi saham.

Opsi lain yang sangat membantu pula, Anda bisa menambah dana investasi Anda dari biaya transportasi, mengingat sekarang ini masih dalam situasi pandemi. Anda mungkin akan lebih banyak Work From Home dan tidak banyak bepergian. Sebaiknya alokasikan saja untuk berinvestasi.

Sementara untuk bagian dana darurat, sebelum berinvestasi Anda wajib mempersiapkan dana darurat minimal untuk jangka waktu enam bulan kedepan. Apalagi di masa pandemi yang belum usai ini, kadang-kadang kebutuhan suka tiba tanpa duga. Setelah Anda punya dana darurat yang mencukupi, barulah lakukan investasi.

  1. Target Saham dengan Fundamental yang Baik

Strategi investasi saham jangka panjang yang kedua adalah pilih saham dengan fundamental yang kuat. Membeli saham di tempat yang tepat adalah kunci utama investasi saham. Jangan sembarangan dalam memilih saham.

Targetkan pada saham dari perusahaan yang punya fundamental baik. Saat ini banyak perusahaan yang membanderol pembelian saham dengan harga murah. Sebelum menerima penawaran, akan lebih bagus jika Anda melakukan pengecekan terlebih dahulu.

Saham dengan fundamental baik biasanya akan tetap konsisten dalam pembagian deviden maupun dalam laju pertumbuhan keuntungan. Untuk mengantisipasi salah sasaran, Anda bisa memilih saham yang sudah terdaftar di BEI dan melambung di bursa.

  1. Continue Mengasah Ilmu Investasi

Belajar tentang investasi saham tentunya tidak boleh hanya di awal saja. Wabah Coronavirus yang sedang melanda ini nyatanya membawa dampak besar terhadap pergerakan harga saham secara global. Artinya tidak hanya di Tanah Air saja, melainkan mendunia.

Jika Anda tidak berkelanjutan memantau pasang surut perkembangan saham, Anda bisa saja menanggung banyak kerugian. Mahir dan piawai dalam berinvestasi umumnya diperoleh dari kiatnya seseorang mempelajari. Jadi, tetap pelajari tentang investasi sedalam-dalamnya dari berbagai sektor.

  1. Konsisten dan Bersabar

Terakhir yang menjadi kunci keberhasilan dalam investasi adalah konsisten. Selain konsisten dalam mengasah ilmu dan teori, pastikan Anda juga konsisten dalam prinsip dan komitmen.

Berinvestasi juga memerlukan proses tak instan. Kesabaran sangat diperlukan bagi seseorang yang berniat untuk investasi jangka panjang. Sewaktu-waktu Anda bisa saja melepas investasi jika Anda tak menyelipkan konsisten dan kesabaran yang penuh dalam diri Anda.

Intinya, jangan gegabah mengambil sebuah tindakan. Ambillah peluang ketika hati Anda telah yakin dan tekad Anda telah benar-benar matang.

Strategi investasi saham jangka panjang bisa menjadi pertimbangan untuk Anda sebagai calon investor. Jangan sampai bosan untuk memantau sebuah perkembangan. Sebab, peluang kerap datang tanpa diundang. Anda tak bisa menerka di titik manakah peluang Anda berada.