Mengenali Penyebab Suara Speaker HP Kecil Dan Cara Mudah Untuk Mengatasinya

Mengenali Penyebab Suara Speaker HP Kecil Dan Cara Mudah Untuk Mengatasinya

Fitur Android yang ditonjolkan selain kamera adalah kualitas speaker yang jernih dan keras. Pasalnya dengan speaker yang menghasilkan suara yang jernih dan keras akan membuat nyaman pengguna Android tersebut. Namun, terkadang speaker HP sering mengalami gangguan padahal tombol volume sudah diatur paling keras namun suara yang dihasilkan tetap kecil. Oleh karena itu, berikut ini akan dipaparkan 5 penyebab suara speaker hp kecil dan cara mudah untuk mengatasinya.

1. Speaker HP Kotor

Penyebab suara speaker HP kecil pertama adalah speaker yang terkena debu, sehingga getaran suara tidak lancar dan terhambat. Oleh karena itu, pengguna harus membersihkan speaker secara berkala. Adapun caranya yang pertama membuka casing HP Android agar mempermudah proses selanjutnya. Setelah itu buka perekat speaker dengan hati-hati dan kemudian membersihkan bagian speaker dengan perlahan.

Ada baiknya membersihkan bagian tersebut menggunakan kuas khusus. Bisa jadi pada bagian tersebut sudah banyak debu yang menempel. Jika dirasa sudah bersih maka pengguna bisa menutup body Android yang terlepas tadi. Dan coba untuk memutar musik untuk memastikan keadaan speaker setelah dibersihkan.

2. HP Terlalu Banyak Sampah Atau Cache

Tidak bisa dipungkiri bahwa Android yang penuh dengan data sampah akan membuat performanya menurun, termasuk salah satunya adalah speaker HP yang terlalu kecil. Oleh karena itu pengguna wajib membersihkan cache biasa melalui pengaturan dari HP langsung.

Caranya masuk pada bagian pengaturan setelah itu masuk pada bagian aplikasi yang terintall. Masuk dan cek pada setiap aplikasi dan klik bagian bersihkan cache. Ataupun jika merasa terlalu repot maka pengguna bisa menginstall aplikasi pembersih sampah pada HP.

3. Terjadi Masalah Pada Equalizer HP

Salah satu fungsi equalizer HP adalah sebagai pengatur volume suara, dimana pengguna bisa memperbesar atau memperkecil suara speaker dari sini. Namun, jika bagian ini mengalami gangguan maka akan muncul masalah pada suara speaker. Oleh karena itu, ada baiknya pemilik HP segera mengecek bagian tersebut.

Caranya dengan mengubah preset equalizer ke small speaker. Namun jika suara tetap kecil pengguna bisa mengintall aplikasi tambahan dari Play Store. Misalnya aplikasi semacam volume booster dan sebagainya. Aplikasi ini memang dibuat untuk mengatasi masalah saat volume di HP terlalu kecil sehingga volume akan lebih keras dari biasanya.

4. HP Mengalami Gangguan Sistem

Selain permasalahan yang terjadi diatas yang menjadi penyebab suara speaker HP kecil adalah karena adanya gangguan pada sistemnya. Bisa jadi gangguan tersebut karena sistem HP yang bekerja lebih keras, HP terlalu panas dan lain sebagainya. Untuk mengatasi permasalahan ini pengguna tidak perlu panik.

Pengguna bisa melakukan restart HP. Pasalnya dengan melakukan restart akan membuat performa sistem HP kembali normal. Sehingga jika ada permasalah kecil atau gangguan kecil akan segera teratasi dan pulih kembali. Namun jika setelah dilakukan restart namun gangguan belum terselesaikan ada baiknya di lakukan factory reset atau kembali ke pengaturan pabrik.

5. Terjadi Kerusakan Speaker

Menjadi salah satu alasan pasti saat beberapa alasan diatas tidak terjadi pada HP tersebut adalah terjadi kerusakan pada speaker. Apabila sudah menyangkut kerusakan yang fatal maka pengguna bisa membawa HP ke service alat elektronik. Pasalnya kerusakan semacam ini hanya bisa ditangani oleh yang ahli seperti petugas service HP.

Demikian itu beberapa penyebab suara speaker HP kecil yang mungkin sering diabaikan pemilik HP. Selain itu, jika terlanjur terdapat gangguan tersebut, maka pengguna bisa mengatasinya dengan mudah. Namun, apabila kerusakan sudah parah ada baiknya untuk segera dibawa ke tempat service HP terdekat agar segara diperbaiki oleh ahlinya.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

speaker ho lemah