Siapa Saja Bisa! 5 Cara Memperbaiki Tombol Keyboard Laptop yang Mendadak Macet atau Error 

Siapa Saja Bisa! 5 Cara Memperbaiki Tombol Keyboard Laptop yang Mendadak Macet atau Error 

Tidak dapat dipungkiri kegunaan keyboard laptop yang penting membuat komponen ini dituntut harus selalu bekerja dengan baik. Pasalnya banyaknya sistem bekerja di perangkat dikendalikan dengan tombol-tombol pada laptop misalnya mengetik huruf. Namun bagaimana jika mendadak keyboard tidak berfungsi? berikut cara memperbaiki tombol keyboard laptop:

1. Merefresh atau Merestart Ulang Laptop yang Digunakan

Walaupun nampak sepele, melakukan restart laptop akan membuat laptop memperbaiki sistem dan tentunya membuat kinerjanya lebih optimal kembali. Hal ini tentunya juga bisa digunakan sebagai pertolongan saat keyboard rusak. Untuk cara merestart pada tiap laptop berbeda-beda. Namun pengguna bisa melakukannya dengan menekan agak lama pada bagian power.

Jika cara tersebut tidak berhasil bisa juga dengan klik windows, lanjut pilih shut down dan akan muncul beberapa pilihan selanjutnya termasuk restart. Melakukan restart pada alat elektronik misalnya laptop dan komputer akan membuat alat tersebut mati untuk sementara waktu. Namun, pengguna cukup menunggunya sesaat agar laptop nyala lagi untuk kemudian masalah keyboard bisa diatasi.

2. Melakukan Pengecekan Pada Driver Keyboard

Sama seperti perangkat lain yang belum terupdate bisa membuat kinerjanya lambat bahkan terganggu. Sehingga bisa jadi alasan gangguan keyboard berasal dari sini. Untuk memperbaiki masalah ini pengguna bisa melakukan update pada bagian drivernya. Tentunya update pada website resmi sesuai dengan merk laptop yang digunakan.

Caranya dengan masuk menu start dan memilih bagian control panel. Setelahnya pilih bagian system and security untuk kemudian memilih menu device manager. Kemudian klik keyboard. Cek apakah dibagian tersebut ada masalah dan segera lakukan update untuk meningkatkan kinerja keyboard.

3. Menggunakan Keyboard Eksternal Pengganti

Jika pengguna belum bisa mengatasi masalah yang terjadi pada keyboard dan belum membawanya ke service laptop. Maka ada solusi agar tetap bisa menggunakan keyboard laptop seperti semula. Caranya dengan menggunakan keyboard USB untuk sementara waktu.

Penggunaan keyboard ini cukup simpel. Pengguna bisa memasangnya melalui port USB yang ada di laptop. Setelah itu fungsi keyboard lama akan teralihkan pada keyboard USB tersebut. Namun, bagi yang merasa ini masih ribet, bisa mencoba keyboard wireless yang cara kerjanya menggunakan jaringan bluetooth.

4. Memperbaiki Bagian Ease Of Access

Selanjutnya untuk cara memperbaiki tombol keyboard laptop yaitu melakukan pengecekan di pengaturan ease of access pada windows. Langkah pertama membuka bagian control panel, dan klik bagian ‘ease of access’ dan klik juga bagian ‘change how your keyboard’.  Setelah memasuki bagian tersebut, pengguna bisa menghapus semua centang yang ada disana.

Setelah semua telah dihapus centangnya pengguna bisa langsung klik tombol apply dan kemudian lanjut tombol ok sebagai tanda menyimpan pengaturan baru. Tentunya cara ini akan membuat keyboard laptop berfungsi normal kembali.

5. Nonaktifkan Bagian Num Lock

Saat mengetik tugas kuliah atau kerjaan di kantor pasti ada kalanya pengguna tidak sengaja menekan kombinasi yang membuat Num Lock pada keyboard aktif. Padahal aktifnya fitur tersebut akan membuat hasil yang berbeda dengan tombol yang ditekan. Untuk itu pastikan menonaktifkan fitur ini.

Caranya pada setiap laptop berbeda namun pengguna bisa mencoba 2 cara berikut. Pertama dengan tekan secara bersamaan tombol di bagian kanan keyboard bertuliskan “NumLK” dan “Fn”. Cara kedua dengan menekan tombol num lock tadi yang dikombinasikan dengan caps lock. Tentunya sesuaikan dengan merk laptop yang digunakan.

Demikian itu beberapa cara memperbaiki tombol keyboard laptop tentunya mudah untuk dipraktekkan. Selain itu juga dipaparkan penyebab kerusakan keyboard sehingga pengguna bisa menghindarinya. Jadi, pastikan tidak perlu panik terlebih dahulu agar bisa mengatasi kerusakannya tanpa harus ke service laptop