Cara Mengatasi Laptop yang Lemot Dijamin Berhasil

Cara Mengatasi Laptop yang Lemot Dijamin Berhasil

Laptop memiliki performa yang akan semakin menurun dari saat pertama kali digunakan ketika masih baru. Semakin banyak muatan yang dibebankan pada laptop maka akan semakin berat kerja laptop dan semakin lambat kerja laptop. Oleh karena itu ada banyak cara mengatasi laptop yang lemot sesuai dengan persoalan yang dihadapi oleh laptop itu.

Laptop adalah sahabat bagi manusia yang hidup di era dunia digital sekarang ini. Hampir semua hal dapat dikerjakan di Laptop, mulai dari mencari hiburan, mengerjakan tugas, dan mmbuat masalah. Sejatinya laptop adalah komputer jinjing yang bisa dibawa kemanapun sehingga dapat digunakan untuk mengerjakan tugas di manapun dan kapan pun.

1. Unistall Aplikasi yang Tidak Pernah Digunakan

Ketika membeli perangkat laptop yang baru, kadang akan ada banyak aplikasi bawaan yang telah diinstal ke dalam laptop yang tidak kita butuhkanbahkan tidak kita tahu fungsinya. Terlalu banyak aplikasi akan menyebabkan kerja laptop menjadi lemot karena akan membebani RAM.

Seleksi aplikasi-aplikasi apa saja yang sekiranya tidak pernah digunakan, kemudian copot pemasangannya. Caranya adalah dengan menekan tombol windows pada keyboard laptop, kemudian ketikkan Apps & features. Kemudian pilih aplikasi mana yang ingin dicopot. Klik pada aplikasi tersebut dan pilih uninstall.

Berhati-hatilah ketika melakukan seleksi pada aplikasi. Cari tahu dengan benar apa saja fungsi aplikasi tersebut. Jangan sampai menyesal ketika sudah mencopotnya dan baru menyadari apa fungsi aplikasi tersebut. Terkadang ada aplikasi yang berkaitan satu sama lain, sehingga jika salah satu aplikasi diuninstall maka akan memengaruhi kinerja aplikasi yang terkait.

2. Scanning Virus

Terkadang pengguna laptop tidak menyadari jika laptopnya telah terinfeksi dengan virus yang dapat memengaruhi performa laptop sehingga bekerja dengan lambat. Yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pemindaian keseluruhan dengan aplikasi antivirus. Jika virus sudah terdeteksi maka dapat dilakukan karantina terhadap virus. Proses pemindaian akan memerlukan waktu yang relative lama.

3. Sesuaikan Aplikasi dengan Spesifikasi Laptop

Tidak semua aplikasi akan cocok ketika dipasang di perangkat laptop. Hal ini karena tidak semua spek laptop memadai untuk keperluan aplikasi-aplikasi tertentu. Aplikasi yang membutuhkan spesifikasi tinggi tentu akan berbahaya jika dipaksakan untuk dipakai di laptop yang tidak sesuai. Laptop akan terasa lebih lambat karena dipaksakan untuk bekerja tidak sesuai dengan porsinnya.

4. Ganti Hardisk dengan SSD

Saat ini telah banyak laptop yang menggunakan SSD, tentu saja dengan harga yang lebih mahal. SSD adalah akronim dari Solid State Drive yang memiliki fungsi kurang lebih sama dengan HDD atau hardisk. Dengan menggunakan SSD akan meningkatkan kinerja laptop dan akan membuat proses booting menjadi lebih cepat.

5. Bersihkan Sampah Laptop

Seperti namanya, sampah tetaplah sampah di manapun itu. Sampah pada laptop akan membebani kerja RAM. Untuk itu cara mengatasi laptop yang lemot selanjutnya adalah melakukan pembersihan secara berkala pada laptop. Berikut adalah langkah membersihkan laptop yang mudah untuk dilakukan.

  1. Klik windows + R pada keyboard
  2. Ketikkan %temp% pada kolom yang tersedia
  3. Akan muncul banyak file atau folder yang menjadi sampah laptop, hapus semua file atau folder tersebut

6. Lakukan Install Ulang Windows

Pilihan terahir yang dapat dilakukan adalah dengan datang ke counter laptop dan membayar mas-mas tukang servis dan bilang “mas mau install ulang.” Biasanya tidak memerluka biaya yang mahal, hanya sekitar 50ribu-150ribu saja.

Sekian adalah beberapa cara mengatasi laptop yang lemot yang dapat dipraktikkan secara langsung. Yang harus diperhatikan adalah untuk mengenali terlebih dahulu penyebab dari lambatnya kerja laptop, karena berbeda persoalan berbeda pula solusi yang harus diterapkan. Selamat mencoba dan semoga selalu bahagia.