Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Permanen di PC dan Ponsel

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Permanen di PC dan Ponsel

Terkadang file-file penting yang tersimpan di laptop, komputer, atau ponsel dapat terhapus karena beberapa hal. Bisa karena terpencet atau mungkin memang diri sendiri yang menghapusnya karena merasa file tersebut tidak terpakai. Cara mengembalikan file yang terhapus permanen di hardisk bukanlah perkara yang sulit untuk dilakukan. Asalkan memiliki niat dan usaha, semua bisa dilakukan.

File adalah data yang mengandung informasi yang dibuat untuk tujuan tertentu. File digital memiliki banyak format, bisa berupa video, foto, audio, ataupun file dokumen biasa. Kehilangan file penting tentu bukan hal menyenangkan untuk semua orang. Oleh karena itu, berikut adalah cara untuk mengembalikan file yang terhapus:

1. Gunakan EaseUS MobiSaver

Merupakan cara mengembalikan file yang terhapus permanen di hardisk ponsel yang sangat mudah untuk dilakukan. EaseUS MobiSaver adalah aplikasi recover data terbaik untuk ponsel. Memiliki ukurang yang kecil, yaitu hanya berkisar 5,5MB saja. Aplikasi ini sangat patut untuk dicoba ketika ingin mengembalikan data yang terhapus.

2. Gunakan EaseUS Data Recovery

Aplikasi andalan bagi siapapun yang filenya terhapus secara permanen di pc atau laptop adalah EaseUS Data Recovery Wizard. Dengan tampilannya yang sederhana, sekiranya aplikasi ini tidak akan menambah beban pikiran seseorang yang tengah kehilangan data. Aplikasi ini dapat didownload secara gratis di google.

Kelebihan dari EaseUS data Recovery adalah tidak hanya dapat digunakan untuk recovery data saja, namun bisa juga untuk memulihkan email yang terhapus. Selain itu ada juga fitur backup data untuk mencegah kehilangan data. EaseUS Data Recovery bisa digunakan untuk memulihkan berbagai jenis format.

Tidak sampai di situ, pengguna akan terkejut karena kapasitas data yang dapat dipulihkan untuk sekali waktu adalah mencapai 2GB. Sehingga tidak perlu lagi khawatir ketika ingin memulihkan file yang sangat besar. Jika semua itu belum cukup, maka pengguna dapat melakukan upgrade untuk mendapatkan versi pro+ dari aplikasi ini.

3. Gunakan Stellar Phoenix

Aplikasi lain yang dapat digunakan ketika ada file yang terhapus secara permanen adalah Stellar Phoenix. Tidak hanya file yang tersimpan di hardisk saja, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengembalikan file yang tersimpan di USB Drive, CD, DVD, dan kartu SD.

File yang dapat direcovery pun beragam, mulai dari dokumen, gambar, music, sampai file dengan format video. Kelebihan lain dari aplikasi ini dapat diperoleh dengan melakukan upgrade ke dalam versi pro. Yang akan diperoleh adalah fitur untuk melakukan cloning hard disk sebagai langkah preventif untuk mencegah terjadinya kehilangan file penting secara tiba-tiba.

4. Gunakan Pandora Recovery

Bukan, ini bukan kotak Pandora seperti yang ada pada film yang diperankan oleh Angelina Jolie. Pandora yang satu ini adalah penyelamat umat manusia di kala waktu krisis kehilangan file penting secara tiba-tiba. Pandora menggunakan wizard untuk membimbing pengguna sehingga mudah untuk digunakan.

Software ini memberikan pilihan 3 jenis mode pemulihan. Yaitu pencarian file dan folder secara manual, pencarian berdasarkan filter tertentu, dan yang terakhir adalah mode scan mendalam. Mode scan atau pemindaian adalah mode terbaik yang dapat dilakukan oleh aplikasi ini.

5. Gunakan Data Rescue PC

Jika perangkat komputer yang digunakan adalah perangkat keluaran lama alias jadul, data rescue PC adalah solusi terbaik yang bisa diusahakan oleh pengguna. Data Rescue PC bisa untuk mengembalikan data hampir di semua versi windows. Rescue PC juga bisa digunakan pada MS-DOS untuk mengembalikan file jika windows mengalami kerusakan.

Demikian adalah cara mengembalikan file yang terhapus permanen di hardisk. File yang terhapus sebenarnya tidak benar-benar terhapus, namun sistem dari komputer yang tidak dapat menemukan atau membacanya.