cara menghitung bunga deposito bri

Bingung Cara Menghitung Bunga Deposito BRI? Simak Penjelasannya

Deposito menjadi salah satu cara untuk mengelola keuangan yang lebih baik lagi. Hal ini dikarenakan sebagai salah satu upaya mempersiapkan kehidupan di masa mendatang. Pertimbangan ketika hendak melakukan deposit ini salah satunya yaitu faktor bunga. Salah satu bank yang bisa dipilih untuk melakukan simpanan yaitu Bank BRI. Jika bingung cara menghitung bunga deposito bri, simak ulasannya berikut ini!

Besaran Bunga Yang Bisa Didapatkan

Perlu diketahui bahwa sebelum melakukan sebuah deposito, suku bunga yang akan didapatkan sangat penting untuk diketahui. Alasan banyak orang yang menggunakan deposit ini yaitu karena risiko yang ada terbilang kecil. Bahkan suku bunga yang ada terbilang bisa naik. Tentunya adanya hal tersebut memberikan sebuah kemudahan tersendiri. Untuk bunga dari Bank BRI ini memiliki proporsi yang berbeda beda. Hal ini tergantung dari produk yang diambilnya.

Bahkan tidak hanya itu saja, faktor waktu serta besarnya dana yang disimpan juga akan mempengaruhi besarnya bunga yang ada. Tempo deposit yang bisa dipilih seperti halnya 3 bulan, 6 bulan, bahkan sampai 3 tahun. Secara detail suku bunga yang bisa didapatkan yaitu jika tenggang waktu 1-3 bulan semua nominal memiliki bunga 2,85%. Sedangkan untuk 6-36 bulan memiliki bunga 3%.

Syarat Ketika Hendak melakukan Deposito

Untuk dapat melakukan deposit ini, perlu memenuhi beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Persyaratan yang penting untuk dilengkapi yaitu memiliki sebuah tabungan ataupun buku giro. Tidak adanya hal ini dikarenakan ketika hendak melakukan deposit tersebut dilakukan di sebuah kantor dimana melakukan setoran pertama kali.

Sangat penting untuk membawa kartu identitas diri baik itu KTP atau SIM serta NPWP ketika hendak melakukan pendaftaran. Bahkan adanya materai 6000 juga digunakan sebagai salah satu dokumen yang bisa dipertanggungjawabkan secara hukum.

 Perhitungan Bunga Deposito

Jika bingung bagaimana memperkirakan jumlah dana dalam waktu tertentu, dengan mengetahui cara menghitung bunga deposito bri ini bisa menjadi solusi. Perkiraan dana yang ada bisa menjadi gambaran dana yang tersimpan. Nah untuk melakukan perhitungan deposit ini, simak ulasannya berikut:

1. Dengan Perhitungan Manual

Untuk perhitungan yang bisa dilakukan secara mandiri tentu membutuhkan pengetahuan atau rumus yang harus digunakan. Rumus dari menghitung bunga deposito Bank BRI per tahunnya adalah seperti di bawah ini. yaitu:

(Bunga Deposito x Dana Pokok Deposito x 30 hari x 80% pajak) : 365 hari

Sebagai contoh ketika melakukan investasi sebesar Rp. 50.000.000,- dengan tenor yang dipilih yaitu 3 bulan dan bunga yang didapatkan yaitu 5,5%. Nah, untuk mengaplikasikan perhitungan tersebut yaitu:

(5,5% x Rp50.000.000 x 30 hari x 80%) : 365 hari = Rp 180.821 per bulan.

Dengan adanya tenor yang semakin lama tersebut tentunya semakin besar bunga yang ada, pendapatan yang dihasilkan juga akan lebih besar.

  1. Perhitungan Online

Agar lebih mudah melakukan perhitungan, BRI menyediakan sarana perhitungan yang dilakukan secara online. Cara yang bisa dilakukan yaitu:

  • Mengunjungi menghubungkan https://bri.co.id/simulasi-deposito .
  • pilih deposit dan klik ok
  • Memasukkan jumlah deposit dan pilihan paket jangka waktu
  • Klik hitung dan otomatis hasil akan ditampilkan

Ketika melakukan perhitungan secara online ini akan lebih mudah karena bisa melakukan perhitungan secara berkala dan update. Pilihan paket atau jangka waktu yang bisa diolah yaitu antara 1,3,6, bulan hingga 3 tahun.

Dengan mengetahui bagaimana cara menghitung bunga deposito BRI ini tentunya seseorang akan memiliki gambaran keuangan yang ada. Semakin banyak wawasan dalam dunia deposito, langkah yang diambil semakin tepat.