daftar investasi bodong ojk 2021

Daftar Investasi Bodong OJK Terbaru 2021 yang Patut Dihindari

Selalu menerapkan kehati-hatian adalah langkah preventif yang melindungi seseorang di masa depan, termasuk dalam hal investasi keuangan. Pasalnya, sekarang ini tengah marak berbagai macam tindak pidana penipuan dengan dalih investasi yang tidak jelas legalitasnya. Seperti beberapa platform yang masuk dalam daftar investasi bodong OJK terbaru 2021 yang patut dihindari, berikut ini:

1. Raja Koin

Platform pertama yang masuk daftar investasi bodong OJK Terbaru 2021 yang patut dihindari ialah Raja Koin. Lantaran, aplikasi game yang dikembangkan oleh seorang bernama David Liu ini dinilai tidak memenuhi standar yang diperbolehkan otoritas jasa keuangan. Akibatnya,  OJK melarang masyarakat untuk tidak tergiur kegiatan investasi penjualan koin crypto, melalui aplikasi ini.

2. Lucky Best Coin

Kedua, Lucky Best Coin yang sempat heboh di NTB. Merupakan sebuah perusahaan investasi uang kripto dengan jenis skema MGM atau member get member. Skema ini dinilai sebagai salah satu bentuk permainan uang yang memiliki potensi kerugian bagi masyarakat terkait. Beruntung OJK NTB segera menyelidiki dan akhirnya mengungkap fakta terkait legalitasnya.

3. Kitabisa.com Saling Jaga Sesama

Diketahui bahwasanya platform ini merupakan sebuah kegiatan investasi masa depan yang berbentuk layanan asuransi. Sepintas tampak seperti asuransi lain pada umumnya, namun jika ditinjau dari segi legalitasnya maka akan nampak kejanggalan. OJK dalam hal ini sebagai pemangku wewenang membuktikan bahwa asuransi ini tidak berizin sehingga dimasukan dalam daftar terlarang.

4. GBhub Chain

Sama halnya dengan investasi Lucky Best Coin, GBHub Chain juga ditetapkan OJK dalam daftar merah alias bodong. Dikarenakan investasi ini juga menerapkan skema perekrutan member get member yang banyak mengelabui dan memberikan harapan palsu. Seolah kegiatan ini sangat menjanjikan padahal jika ditelaah lebih lanjut, mengandung unsur kerugian dan ketidakjelasan pengelolaan.

5. Trader King Pro

Berikutnya, ada Trader King Pro yang dinilai menyalahi kebijakan terkait Money Game. Secara sederhana, aplikasi ini menyediakan layanan jasa trader ahli dengan dalih penitipan sejumlah dana untuk investasi. Layanan ini bersifat ilegal dan tidak berizin sehingga bila terjadi sengketa, masyarakat akan merasa sulit untuk meminta pertanggungjawaban, karenanya OJK menerbitkan pelarangan.

6. CTS

Nama lengkap dari kegiatan investasi bodong ini ialah  Creative Trading System. Merupakan sebuah layanan investasi yang dicurigai oleh OJK telah menerapkan praktik Money Game yang memicu sejumlah kerugian pada banyak pihak terlibat. Utamanya, dalam kegiatan seperti pengadaan pelatihan pasar modal abal-abal dan juga layanan jasa bimbingan investasi yang tidak resmi.

7. Hj Investment

Tidak seperti layanan lain, yang punya aplikasi atau platform khusus, HJ Investment memanfaatkan media sosial populer kekinian Telegram. Tepatnya melalui grup yang dikembangkan oleh @Angara_Syahputra serta @Erik_Chandra. Parahnya, selain tidak mengantongi bukti legalitas, grup investasi ini juga berani melakukan pemalsuan atas izin dengan mencatut logo OJK secara sembarangan.

8. Koperasi Tabung Haji Umroh

Terakhir, namun tidak kalah penting untuk dihindari ialah Koperasi Tabung Haji Umroh. Kegiatan investasi ini mendapat pelarangan keras dari OJK karena tidak mempunyai bukti perizinan yang jelas. Hingga dapat diasumsikan bahwa segala bentuk kegiatan pembiayaan penyelenggaraan ibadah ke tanah suci seperti haji dan umroh, bersifat ilegal dan tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Selain delapan daftar investasi bodong OJK terbaru 2021 yang patut untuk dihindari di atas, tentunya masih banyak yang lain. Sehingga, baiknya selalu waspada dengan meneliti betul setiap akan melakukan kegiatan berkaitan dengan keuangan seperti penginvestasian. Dengan harapan, investasi yang dijalankan lebih menguntungkan dan terhindar dari berbagai macam resiko yang tidak diinginkan!