investasi tesla di indonesia

Investasi Tesla di Indonesia, Fakta dan Perkembanganya

Pembicaraan tentang pengadaan investasi Tesla di Indonesia ini menarik perhatian sejumlah pelaku bisnis. Tentang bahwa Tesla yang berasal dari perusahaan Amerika ini mengincar melakukan investasinya di Indonesia. Namun bukan di sektor mobil listrik melainkan di sektor ESS atau disebut dengan Energy Storage System. Dengan mengungkapkan hal berikut ini maka ada fakta menarik terkait investasi tesla tersebut dan bagaimana perkembangannya di Indonesia.

Fakta Tentang Investasi Tesla di Indonesia

Ada beberapa hal yang bisa dipahami bagaimana Tesla mulai mengincar Indonesia dan akan mengembangkan investasi tersebut. Beberapa hal yang menjadi perhatian dari investasi yang dilakukan terkait dengan ESS mengungkapkan sejumlah fakta yang ada seperti di bawah ini:

1. Indonesia Adalah Negara yang Berpotensi

Indonesia yang berpotensi sebagai negara dengan memberikan peluang besar pada investasi ini. Tentunya membuat Tesla untuk meliriknya sebagai salah satu kandidat dalam mengembangkan ESS ini. Yaitu sebuah sistem penyimpanan energi, dimana Indonesia dinilai mempunyai kekayaan alam yang mendukung hal tersebut.

Dalam perjalanannya, Tesla telah berhasil menggandeng Australia dan mengembangkan ESS tersebut disana. Hal ini akan dilakukan pula di Indonesia guna menunjang sistem dan juga memperlancar jalannya investasi besar ini. Tentunya hal tersebut disambut baik dan mendapat dukungan dari berbagai pihak.

2. Potensi Renewable Energi Indonesia Bagus

Adapun Indonesia yang dipilih untuk bisa mengembangkan ESS ini dikarenakan Indonesia berpotensi renewable energi. Penyimpanan energi yang biasanya dilakukan Indonesia hanya mencapai 20ribu watt saja. Nantinya akan dibuat sistem penyimpanan energi yang akan menampung hingga megawatt.

Jadi gambaran besarnya bahwa investasi Tesla di Indonesia ini sama halnya dengan menyimpan energi yang besar dalam power bank. Begitulah kira-kira apa yang terjadi pada ESS yang ada saat ini sebagai sebuah sistem besar dari penyimpanan energi. Dimana kebutuhan tersebut sudah mendunia dan harapannya Indonesia menjadi salah satu penyimpan energi tersebut.

3. Investasi Fokus ke Mobil Listrik

Berdasarkan apa yang telah dilakukan Tesla di Indonesia dengan segudang rencananya untuk melakukan investasi ini. Maka sudah tentu di awal tidak langsung di respon, Tesla harus rela untuk mencari jalan dan strategi membuka minat Indonesia. Jadi seperti yang telah diketahui bahwa Tesla ini bukan untuk berinvestasi pada mobil listrik.

Tesla juga nantinya akan berada pada komando di bawah Kemenko Marinves untuk melakukan perkembangannya. Telah sebelumnya Tesla sukses melakukan investasi tentang pengembangan ESS ini di Australia. Sekarang tinggal tunggu respon dari Indonesia dengan keberadaan ESS ini yang akan dikembangkan.

Beberapa fakta yang ada tersebut memberikan pemahaman, bahwa Tesla bukan untuk melakukan investasi pada mobil listrik. Justru Tesla akan mengembangkan adanya penyimpanan besar bahkan membuka sumbernya. Hal ini yang akan dilakukan dan mengincar Indonesia.

Perkembangan Investasi Tesla di Indonesia

Pada tahun 2020 Tesla diundang oleh Jokowi ke Indonesia guna membahas kerjasama investasi dibidang mobil listrik. Namun pada kenyataannya investasi tersebut justru menemui jalan lain. dimana justru Tesla lebih tertarik pada pengadaan ESS yang akan dikembangkan di Indonesia. Berfokus pada hal tersebut juga Jokowi membuka peluang tentang tempat untuk peluncuran spaceX di Indonesia.

Tentunya setelah diadakan pertemuan tentang pembahasan investasi Tesla di Indonesia. Elon Musk mempertimbangkannya. Akibat adanya pembatasan masuk ke Indonesia akibat pandemi, Elon Musk batal untuk datang dan melakukan koordinasi via virtual.

Dengan keberlanjutan tersebut harapannya Indonesia mendapat sambutan dari Tesla. Dengan Tesla berinvestasi di Indonesia tentunya menunjang keberadaan perkembangan industri yang ada. Juga membuka peluang lebar untuk meningkatkan pendapatan negara.