reksa dana jangka pendek

Macam Investasi Reksa Dana Jangka Pendek yang Menguntungkan

Jangka waktu menjadi salah satu pertimbangan penting dalam berinvestasi. Khusus bagi investor pemula yang ingin belajar maka investasi jangka pendek bisa dijadikan pilihan. Reksa dana hadir dalam beberapa pilihan produk investasi, di antaranya ada yang termasuk tipe reksa dana jangka pendek. Kali ini akan dibahas lebih jauh mengenai pilihan reksa dana yang butuh durasi investasi singkat.

Pasar Uang

Program investasi reksa dana dengan jangka waktu singkat ialah pasar uang. Pilihan ini sangat populer dan banyak sekali diminati investor pemula. Jenis investasi ini menerapkan sistem dana terkumpul dialokasikan melalui instrumen pasar uang. Jenisnya sangat beragam mulai dari obligasi, sertifikat deposito, serta bisa juga berupa sertifikat Bank Indonesia.

Keuntungan yang dihadirkan oleh produk investasi ini pun begitu bervariasi. Berikut beberapa macam keuntungan membeli investasi reksa dana jangka pendek lewat pilihan instrumen pasar uang:

1. Modal Ringan

Tipe investasi ini memang sangat disukai oleh para investor pemula. Tak hanya karena bisa dilakukan dalam jangka pendek tapi juga karena nilai modalnya tergolong ringan. Mulai Rp100.000,00 saja sudah bisa berinvestasi di reksa dana pasar uang. Sangat ringan untuk dicoba oleh anak muda yang mulai ingin belajar investasi.

2. Untung Lebih Besar

Investasi reksa dana jenis ini juga menawarkan keuntungan yang sangat lumayan. Besar bunga yang didapatkan bisa mencapai 6% sampai 7% setiap tahunnya. Jauh lebih menguntungkan daripada hanya menyimpan uang lewat akun rekening tabungan biasa.

3. Waktu Pencairan Fleksibel

Tipe investasi pasar uang diminati banyak orang karena sangat fleksibel. Artinya, jenis investasi ini bisa ditarik kapanpun selama dibutuhkan. Dana investasi dapat ditarik kembali tanpa harus menunggu jatuh tempo. Cara mencairkan dana investasi pun sangatlah mudah bahkan bisa diakses secara online.

Pendapatan Tetap

Pilihan program reksa dana jangka pendek berikutnya ialah pendapatan tetap. Tipe investasi ini dapat diambil dalam bentuk surat utang yang jatuh temponya tidak lebih dari 1 tahun. Sesuai dengan namanya, jenis investasi ini akan memberikan imbal balik secara pasti dan rutin dalam jangka waktu tertentu.

Jenis reksa dana ini juga tak kalah populer dan cukup banyak diminati. Berikut keuntungan yang ditawarkan program investasi pendapatan tetap:

1. Tergolong Aman

Pilihan investasi ini memiliki tingkat resiko menengah. Jika dibandingkan reksa dana pasar uang memang risikonya jauh lebih tinggi namun jika dibandingkan reksadana saham resikonya lebih rendah. Khusus untuk investor yang lebih suka cari aman, investasi ini akan jadi pilihan terbaik.

2. Imbal Balik Tinggi

Salah satu poin yang diincar oleh para investor saat berinvestasi adalah timbal balik yang akan diperoleh. Jenis investasi ini akan menawarkan timbal balik yang memuaskan. Nilai keuntungannya mencapai 7-8% setiap tahun dan ada pula yang bisa mencapai 9%.

3. Modal Ringan

Sama seperti instrumen investasi pasar uang, tipe produk reksa dana ini pun dapat dimulai dengan modal ringan. Bahkan hanya dengan Rp10.000,00 saja investasi ini bisa dimulai. Namun ingat, semakin besar nilai modal yang ditanamkan maka akan semakin besar juga kemungkinan untung yang didapatkan.

4. Dapat Ditarik Setiap Saat

Tak jauh berbeda memang dari instrumen pasar uang, produk ini juga bisa ditarik uangnya setiap saat. Dana investasi bisa diambil kapan saja di hari bursa. Investor tak perlu menekuni investasi dalam jangka panjang serta menarik uang investasi ketika jatuh tempo.

Itulah dua jenis reksa dana jangka pendek yang banyak diandalkan. Sebelum mengambil pilihan investasi, pahami dulu untung ruginya. Ingat, semakin besar risiko dari suatu pilihan investasi maka semakin besar juga timbal balik yang bisa diperoleh.