saham nikel di indonesia

Prospek Investasi Saham Nikel di Indonesia Tahun Ini

Mengambil langkah dalam berinvestasi saham harus dilakukan dengan hati-hati. Salah langkah bisa menyebabkan nilai modal yang ditanamkan tak menuai untung sama sekali. Prospek saham nikel di Indonesia juga bisa jadi salah satu instrumen investasi yang dapat dilirik. Kali ini akan dibahas lebih jauh mengenai prospek investasi saham nikel di sepanjang sisa tahun 2021 ini.

Peluang Untung Saham Nikel

Investasi saham memang cukup menantang untuk dilakukan. Tak mudah untuk membaca peluang kenaikan saham dan besar untung yang nanti akan diterima. Untuk jenis investasi saham nikel di Indonesia sendiri diprediksi masih memiliki prospek yang bagus di sisa tahun 2021 ini. Hal ini dilihat dari harga nikel yang masih masuk di angka US$15.500 per ton.

Sebenarnya harga nikel itu sendiri dipengaruhi oleh beberapa faktor. Sebagai bahan pertimbangan sebelum mengambil investasi saham nikel, maka penting sekali untuk memahami apa saja faktor yang berpengaruh. Berikut adalah beberapa hal yang akan berpengaruh pada harga nikel:

1. Perkembangan Teknologi

Faktor pertama yang akan berpengaruh pada harga nikel ialah perkembangan teknologi. Perubahan teknologi memang akan terus terjadi seiring waktu. Salah satu sektor yang akan berpengaruh besar adalah perkembangan teknologi baterai listrik. Penggunaan nikel mengikuti perkembangan teknologi ini jelas akan membuat nilai nikel akan berubah, entah naik atau turun.

2. Kebijakan Pemerintah

Faktor berikutnya adalah kebijakan dari pihak pemerintah. Dalam hal ini khususnya adalah pemerintah dari negara utama yang memiliki industri nikel. Negara-negara yang banyak berpengaruh adalah China, Filipina, juga Indonesia. Oleh sebab itu sangatlah penting untuk mengikuti perkembangan kebijakan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah.

3. Pemulihan Ekonomi

Di tengah situasi pandemi seperti sekarang, tentu harga nikel juga akan banyak dipengaruhi oleh faktor pemulihan ekonomi dunia. Tentu sulit untuk diprediksikan bagaimana pemulihan ekonomi setelah pandemi ini terlewati. Beberapa negara termasuk Indonesia sayangnya masih sibuk melawan pandemi sehingga pemulihan ekonomi belum dapat dijalankan secara efektif.

Pilihan Saham Nikel Indonesia

Beberapa ahli memandang bahwa prospek saham nikel di Indonesia masih ada di status yang menjanjikan. Investasi saham ini masih bisa dijadikan pilihan karena diprediksi bahwa trend harga nikel masih akan terus bertahan baik. Para investor bisa tetap mempercayakan dana investasinya di sektor ini.

Ada dua perusahaan yang bisa dijadikan pilihan untuk berinvestasi saham nikel di Indonesia. Berikut adalah dua pilihan yang bisa dijadikan pertimbangan oleh para investor:

1. INCO

Pilihan pertama adalah PT Vale Indonesia Tbk atau INCO. Perusahaan ini disebut menunjukkan performa yang paling atraktif sesuai dengan efisiensi biaya yang diterapkan. Selain itu INCO dinilai memiliki prospek pertumbuhan kapasitas yang meroket signifikan di tahun 2023 mendatang. Itulah mengapa INCO dinilai memiliki peluang yang sangat baik untuk dijadikan pilihan investasi jangka panjang.

2. ANTM

Kedua ada PT Aneka Tambang Tbk atau ANTM yang juga menunjukkan performa bagus di sektor ini. ANTM dinilai memiliki potensi arus pertumbuhan yang sangat baik. Perusahaan ini disebut-sebut akan memiliki volume penjualan nikel yang sangat bagus di sepanjang 2021 hingga 2023 mendatang. Bahkan di tahun depan diprediksikan ANTM akan mendapatkan angka penjualan yang meroket tajam.

Investasi saham nikel di Indonesia tampaknya masih menunjukkan peluang yang sangat baik. Ini bisa jadi pilihan investasi bagi para investor, dengan catatan harus tetap mempertimbangkan berbagai faktor. Pelajari pula kondisi dan prediksi perusahaan yang sahamnya akan dibeli agar bisa mendapat prospek keuntungan optimal.