penyebab saldo rekening bri berkurang

Ketahui Penyebab Saldo Rekening BRI Berkurang Dan Cara Ampuh Mengatasinya

Kini masyarakat mulai menyimpan uangnya di Bank agar keamanan lebih terjaga dan terhindar dari segala tindak kejahatan. Namun meskipun begitu, kejahatan digital seperti pengurangan saldo juga kerap kali mengintai terutama pada nasabah Bank BRI. Berbagai penyebab saldo rekening BRI berkurang tersebut haruslah diketahui agar tidak jatuh di lubang yang sama.

Setiap nasabah perlu lebih berhati-hati dalam mengatasi permasalahan satu ini. Maka dari itu, tentunya terdapat beberapa penyebab dan cara mengatasinya yang perlu disimak seperti ulasan di bawah ini:

Apa Penyebab Saldo Rekening BRI Berkurang?

Lantas apa saja penyebab saldo rekening BRI jadi berkurang? Berikut inilah beberapa alasan yang perlu disimak, yaitu antara lain:

1. Terdapat Potongan Biaya Admin

Alasan yang pertama adalah karena adanya potongan biaya admin dari Bank BRI. Tentunya tiap nasabah sudah mengetahui ketentuan satu ini, terutama mengenai biaya  dan nantinya akan berbeda pada setiap jenis rekening yang dimiliki.

2. Pembayaran Auto Debit Pinjaman

Tidak hanya untuk potongan biaya untuk admin saja, namun Bank BRI juga akan mengurangi saldo di rekening secara otomatis bagi nasabah yang melakukan pinjaman online. Pemotongan otomatis ini dilakukan apabila sudah masuk jatuh tempo. Untuk memastikannya, nasabah perlu mengecek mutasi rekeningnya setiap bulan agar tidak perlu merasa khawatir jika saldonya berkurang.

3. Melakukan Transfer Terjadwal

Jika nasabah sering melakukan transfer yang sudah terjadwal tiap bulannya, maka fitur ini tentu saja bisa secara otomatis mengurangi saldo pada rekening. Sistem yang diberlakukan juga auto debit, dimana pastikan untuk selalu menyiapkan dana di rekening agar nantinya bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

4. Menggunakan Notifikasi Sms Banking

Selain beberapa alasan di atas, penyebab saldo rekening BRI berkurang lainnya adalah karena menggunakan layanan sms banking. Setiap ada notifikasi, maka saldo akan terpotong sekitar Rp 500. Namun apabila keberatan dan tidak ingin saldo terpotong secara terus menerus, maka pastikan untuk menonaktifkan sms banking tersebut.

5. Terkena Kasus Skimming

Kasus skimming memang marak terjadi karena kelalaian nasabah pada saat mengambil uang di ATM. Biasanya tindakan yang dilakukan adalah mencuri informasi data pada kartu kredit maupun debit, sehingga oknum mendapatkan banyak uang dari korban skimming. Apabila menemui kejadian seperti ini, maka segera laporkan pada polisi serta pihak Bank yang bersangkutan agar segera dilakukan investigasi.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Setelah mengetahui apa penyebabnya, maka perlu diketahui pula bagaimana cara mengatasinya. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan tidak memberikan berbagai informasi penting seperti pin ATM kepada siapa pun. Pasalnya jika pin diketahui oleh orang lain maka bisa berakibat fatal.

Selain itu, pastikan selalu mengganti pin ATM setidaknya sebulan sekali dan tarik tunai sesuai prosedur keamanan yang diberikan. Misalnya saja seperti menutupi jari ketika mengetikkan PIN, dimana hal ini dilakukan untuk menghindari kasus skimming yang sangat merugikan nasabah.

Hal terakhir adalah lakukan pemblokiran ATM ketika dirasa ada transaksi yang mencurigakan di rekening. Pastikan menghubungi ataupun  melaporkannya kepada petugas bank agar segera ditindaklanjuti. Langkah tersebut terbilang cukup ampuh agar tidak ada pengurangan saldo rekening.

Demikian ulasan singkat tentang beberapa penyebab saldo rekening BRI berkurang serta cara mengatasinya. Pastikan menghindari apa yang disebutkan diatas dan juga hindarilah kasus skimming agar tidak menguras isi rekening. Bila perlu lakukan pengecekan secara rutin ke Bank supaya terhindar dari berbagai tindak kejahatan yang marak terjadi. Semoga bermanfaat.