pinjaman bank bri jaminan bpkb motor

Pinjaman Bank BRI Jaminan BPKB Motor Beserta Syarat dan Prosedurnya

Kebutuhan akan dana memang tidak bisa disepelekan apalagi saat benar-benar diperlukan. Karena permasalahan ini, bank hadir untuk memberikan solusi kepada orang yang ingin uang dicairkan cepat. Salah satu bank yang memberi solusi adalah Bank BRI. Pinjaman Bank BRI jaminan BPKB motor adalah layanan yang bisa digunakan.

Pinjaman dengan surat ini tergolong memiliki waktu proses yang cepat asal semua syaratnya terpenuhi. Angsuran yang diberikan pihak BRI juga sudah terperinci dan bisa dipilih sesuai kebutuhan. Untuk mengetahui seluk beluk tentang pinjaman ini, maka telah dibuat pembahasan lengkapnya. Simak uraian di bawah ini:

Apa Itu Pinjaman dengan Penangguhan BPKB Motor?

Pinjaman jenis ini adalah bantuan yang bisa disetujui asal memberikan penting BPKB motor untuk disimpan sementara oleh pihak bank. Pada kasus ini, Bank BRI akan memberi pinjaman dan memberi waktu pelunasan sampai akhirnya BPKB tersebut bisa diambil kembali. Kelebihan dari pinjaman ini juga banyak.

Salah satunya adalah dana yang dikeluarkan bank tidak terlalu banyak, sehingga angsuran juga tidak terlalu memberatkan. Angsuran yang diberikan pihak bank umumnya bervariasi antara satu tahun, dua tahun, atau tiga tahun. Semakin lama angsuran, maka nominal yang harus dibayarkan setiap bulan semakin sedikit.

Namun, semakin lama waktu pelunasan maka bunganya juga akan semakin besar. Bunga yang dikenakan pihak BRI pada pinjaman ini sekitar 12% untuk satu tahun pelunasan. Jadi, jika memilih angsuran selama tiga tahun tinggal dikali saja angka tersebut. Nominal bunga ini tidak terlalu besar dibanding bank-bank lain.

Mengenai pengadaan bunga dan detail angsuran ini nantinya akan dijelaskan ulang oleh pihak bank. Pastikan untuk memahaminya dengan baik dan tanyakan apa yang mengganjal. Pastikan juga untuk memilih angsuran yang sekiranya mampu untuk diselesaikan. Setelah selesai, pihak bank akan mereview data dan menghubungi jika pinjaman akan diproses.

Prosedur Pinjaman dan Syaratnya

Prosedur untuk mendapat pinjaman ini sangat mudah. Semua langkah bisa dilakukan asal sudah menyelesaikan pembayaran atau tanggungan yang berhubungan dengan motor. Jika sudah, maka pinjaman bisa diproses oleh pihak bank. Tentunya proses ini memerlukan berbagai persyaratan. Berikut syarat dan berkas-berkas yang perlu disiapkan:

  • Harus berkewarganegaraan Indonesia yang tinggal di sekitar Bank BRI cabang yang akan menjadi tempat pengajuan. Hal ini untuk memudahkan pihak bank dalam survei motor.
  • Usia minimal untuk pengajuan pinjaman Bank BRI jaminan BPKB motor adalah 21 tahun dan sudah menjadi nasabah BRI. Jika belum menjadi nasabah BRI, maka harus mendaftar terlebih dahulu.
  • Berkas utama yang perlu disiapkan adalah BPKB asli dari motor yang akan dimiliki sementara oleh bank.
  • Sedangkan berkas pelengkap yang harus diserahkan adalah salinan KTP, KK, slip gaji atau bukti sebagai pelaku UMKM (jika ada).
  • Jangan lupa untuk membawa materai yang nantinya direkatkan di surat persetujuan.
  • Mengisi segala data yang diperlukan dalam kertas yang diberikan pihak Bank BRI dengan sebaik-baiknya.

Jika semua syarat tersebut sudah terpenuhi, maka langsung datang saja ke Bank BRI terdekat. Lakukan pengajuan seperti pada pinjaman lainnya yang akan dipandu oleh customer service di sana. Semua berkas harus dibawa dan diajukan kecuali formulir. Karena nantinya formulir baru akan diisi saat sudah ada di bank.

Itulah penjelasan lengkap mengenai pinjaman Bank BRI jaminan BPKB motor beserta syarat dan prosedurnya. Pinjaman ini akan segera diproses jika tidak ada kendala pada kelengkapan berkasnya. Jadi pastikan dengan benar semua data sudah lengkap dan motor tidak sedang dalam cicilan atau menjadi jaminan pinjaman lainnya.