cara mengatasi kuota internet lokal telkomsel tidak bisa dipakai

Cara Mengatasi Kuota Internet Lokal Telkomsel Tidak Bisa Dipakai dengan Mudah

Saat ini memiliki kuota internet itu penting. Tanpa internet, komunikasi bisa saja jadi terhambat. Sebab aplikasi komunikasi berbasis internet seperti line, telegram, whatsapp, dan sejenisnya lebih sering dipakai daripada telepon biasa. Lalu bagaimana cara mengatasi kuota internet lokal telkomsel tidak bisa dipakai? Saat mengalaminya, jangan panik. Cobalah beberapa cara berikut:

1. Cek Zona Telkomsel

Telkomsel membagi area internet lokalnya kedalam beberapa wilayah. Penggunaan kuota internet lokal akan dibatasi ketika pengguna berada diluar zonanya. Jadi, cara mengatasi kuota internet lokal telkomsel tidak bisa dipakai yaitu pastikan bahwa pelanggan berada dalam area pengaktifan kuota.

Misalkan ketika pelanggan membeli dan mengaktifkan kuota dalam wilayah kota Solo. Maka agar kuota internet lokal tersebut dapat dipakai, pengguna harus berada di cakupan area Solo. Jika pelanggan berada di Surabaya, kuota tersebut tentu tidak akan dapat digunakan.

2. Cek Kuota

Pastikan bahwa kuota internet lokalnya masih memiliki masa aktif. Kalau masa aktif sudah terlampaui, maka kuota yang tersisa akan hangus dan tidak dapat dipakai lagi. Jangan lupa cek pula kuota yang masih tersisa. Bisa saja tanpa disadari, ternyata kuota yang dimiliki memang sudah habis.

Kalau ternyata kuota sudah tak bersisa atau masa aktifnya sudah tidak berlaku lagi, segera lakukan isi ulang. Dengan demikian jaringan internet bisa kembali digunakan. Namun kalau ternyata masa aktif kuota masih berlaku dan sisa kuota juga masih mencukupi, langkah selanjutnya bisa dicoba.

3. Cek Jaringan yang didukung

Saat ini Sebagian besar wilayah di Indonesia sudah mendukung jaringan 4. Beberapa kota besar bahkan telah mendukung jaringan 5G. Namun di beberapa daerah pedalaman, sinyal telkomsel masih lemah.

Cek jaringan internet lokal yang didukung daerah tersebut. Cek pula pengaturan jaringan perangkat selulernya. Siapa tahu pengaturan jaringan di perangkat 4G only, sedangkan jaringan lokal yang tertangkap hanya H+ atau lebih rendah.

Cara mengatasi kuota internet lokal telkomsel tidak bisa dipakai terkait masalah ini yaitu mengganti pengaturan jaringan perangkat telepon menjadi LTE/UMTS/GSM/otomatis.

4. Refresh Jaringan

Terkadang terjadi gangguan pada operator jaringan. Akibatnya sinyal lemot atau bahkan tidak ada jaringan sama sekali. Merefresh jaringan dapat dilakukan untuk mengatasinya. Untuk merefresh jaringan, pengguna bisa memanfaatkan mode pesawat atau dengan melakukan restart perangkat.

Mode pesawat terbukti efektif dalam mengatasi gangguan jaringan lokal. Caranya dengan menghidupkan mode pesawat, tunggu beberapa menit lalu matikan kembali mode tersebut. Jika cara ini kurang berhasil, cobalah mematikan dan menghidupkan kembali tombol daya pada ponsel.

5. Mematikan VPN

Ketika fitur VPN dijalankan, maka lokasi penggunaan smartphone akan diubah oleh aplikasi. Bukan lagi di Indonesia, namun di negara lain. Lokasi yang terdeteksi akan mengikuti pilihan server pada aplikasi VPN. Akibatnya pelanggan dianggap berada diluar zona aktivasinya.

Lalu cara mengatasi kuota internet lokal telkomsel tidak bisa dipakai terkait sebab ini, yaitu dengan mematikan VPN saat sedang menggunakan kuota lokal. Ketika VPN dimatikan, lokasi akan kembali terdeteksi sesuai dengan lokasi sebenarnya. Jadi kuota dapat dipakai kembali.

6. Gunakan Fake GPS

Fake GPS dapat dimanfaatkan untuk memalsukan lokasi smartphone. Misalnya pelanggan memang sedang berada di luar area zona aktivasi telkomsel, akibatnya kuota lokalnya tidak bisa dipakai. Fake GPS, memungkinkan pelanggan memalsukan alamatnya. Seakan akan pelanggan berada dalam zona aktivasinya.

Hal ini membuat operator mendeteksi bahwa simcard berada dalam zona yang semestinya. Jadi kuota internet lokal dapat digunakan meskipun berada di luar zona. Aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis di Google Play.

Demikian 6 cara mengatasi kuota internet lokal telkomsel tidak bisa dipakai. Kalau semua cara diatas masih belum menyelesaikan masalah, ada baiknya menghubungi Customer Service Telkomsel untuk membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi.