Cara Mengatasi Video YouTube yang Terkena Pembatasan Usia

Begini Cara Mengatasi Video YouTube yang Terkena Pembatasan Usia

Youtube merupakan ruang kreasi bagi konten kreator. Sayangnya, dengan banyaknya pengunggah video, masih ada kreator yang mengunggah konten kurang senonoh dan kurang sopan. Meskipun bebas mengunggah video, ada batasan tertentu dalam video yang akan diunggah. Cara mengatasi video youtube yang terkena pembatasan usia akan dijelaskan lebih lanjut.

Dengan mengaktifkan fitur batasan, konten yang dirasa kurang pantas, kurang sopan, atau mengandung kekerasan tidak akan disarankan videonya ke penonton. Sebaliknya, pengunggah yang mengaktifkan fitur ini, tidak dapat mengunggah kontennya apabila termasuk dalam kategori terbatas.

Maksud Pembatasan Usia

Ketika YouTube memberi batasan usia, pertimbangan yang digunakan adalah keselamatan penonton dengan di bawah usia 18 tahun. Di usia muda tersebut, seseorang mudah meniru hal-hal yang membahayakan. Dengan demikian, hal-hal yang disaksikan sebaiknya bebas dari bahaya.

Seperti kekerasan yang vulgar, video aktivitas ilegal, seperti peredaran obatan terlarang atau zat aditif. Termasuk pula di dalamnya kata-kata yang tidak sopan dan perbuatan yang hanya dilakukan pasangan dewasa.

Cara Menonton Video yang Terkena Pembatasan Usia

Jika penonton sedang memutar video namun terhenti karena pembatasan usia, maka sebaiknya periksa kembali informasi akun google yang dimiliki. Agar bisa menonton video yang diinginkan, penonton bisa memilih melakukan salah satu di antara beberapa hal berikut.

1. Mengurangi Tahun Kelahiran

Bila menonton YouTube menggunakan akun Google, maka data pada akun akan menjadi patokan YouTube memberi batasan. Jika pemilik menyematkan usia di bawah delapan belas tahun, maka ada beberapa video yang akan terkena batasan usia.

Pengguna bisa mengurangi tahun kelahirannya hingga usianya menjadi 18 tahun saat ini. Jika tidak ingin mengurangi, pengguna bisa login dengan akun yang pemiliknya sudah berusia 18 tahun ke atas.

2. Menonton Tanpa Aplikasi

Pengguna bisa mencoba pada YouTube mode Desktop. Logout akun youtube di desktop dan tonton tanpa login. Kekurangannya pengguna tidak bisa memberi respon seperti komentar, tombol like, share, menyimpan atau mengunduh video.

3. Menonton dengan Aplikasi Ketiga

Jika menonton langsung dari aplikasi, video terhenti, maka cara mengatasi video YouTube yang terkena pembatasan usia adalah dengan menggunakan aplikasi yang bisa memutar YouTube. Contohnya FreeTube, VidMate, dan sebagainya. Aplikasi pihak ketiga hanya menyambungkan dengan tampilan video YouTube. Karena login dengan akun dari aplikasi FreeTube misalnya, maka data usia tidak menjadi batasan dalam menayangkan video.

4. Mengunduh Video dengan Aplikasi Lain

Pengguna bisa mengunduh video terlebih dahulu sebelum menonton. Akan tetapi, ketika YouTube telah memberi batasan, pengguna harus siap dengan berbagai hal yang kurang menyenangkan atas video yang disaksikan. Dengan demikian, YouTube tidak bisa membatasi penonton karena mengunduh video.

5. Mematikan Mode Terbatas

Selain karena batasan usia, YouTube juga menyaring beberapa konten yang mengandung kekerasan fisik, visual, maupun verbal. Untuk menonaktifkan penyaringan ini, pengguna bisa membuka setelan pada aplikasi YouTube. Buka menu pada YouTube, kemudian pilih Setelan. Setelah terbuka, pilih menu Umum. Di pengaturan ini, pengguna bisa menonaktifkan Mode Terbatas.

Itulah beberapa cara mengatasi video YouTube yang terkena pembatasan usia yang bisa dicoba. Karena adanya batasan usia tersebut, YouTube memberi filter agar usia belia tidak menyaksikan tontonan yang kurang baik. Meski begitu, tetap saja YouTube tak bisa menyempurnakan filternya karena bergantung pada algoritma YouTube. Untuk itu, diperlukan kesadaran setiap konten kreator supaya menyeleksi mana yang pantas ditayangkan.