modem wifi adalah

Modem Wifi Adalah Perangkat yang Membantu Kegiatan Online, Inilah Ulasannya

Tidak hanya para pekerja online, namun anak sekolah di masa pandemi ini telah melakukan pembelajaran secara daring. Oleh karena itu, penggunaan internet harus lebih lancar agar bisa mengikuti pelajaran. Sehingga banyak orang mulai menggunakan modem WiFi. Apa itu modem WiFi? modem WiFi adalah perangkat yang menghasilkan jaringan internet serta kata modem singkatan dari modulator dan demodulator. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Pengertian Modem WiFi

Sebelum membahas banyak hal terkait dengan modem WiFi. Pembaca harus mengetahui apa yang dimaksud dengan modem WiFi. Jadi, sebenarnya kata modem sendiri merupakan gabungan dari dua kata, yaitu modulator dan demodulator. Sehingga diambil suku kata pertama ‘Mo’ dan ‘Dem’  jadi ketika disebut menjadi modem.

Untuk pengertiannya sendiri, modem WiFi adalah sebuah perangkat keras yang digunakan sebagai pemancar atau sumber internet tanpa adanya penggunaan kabel. Sehingga perangkat ini lebih simpel dan mudah jika digunakan dimanapun. Tentunya karena fitur portable semacam ini.

2. Fungsi Modem WiFi

Kemudian akan dibahas mengenai fungsi modem WiFi. Perlu diketahui inovasi semacam ini tentu akan mempermudah pekerjaan manusia. Dimana fungsi modem WiFi sendiri sebagai sumber pemancar WiFi. Kemudian juga bisa dikatakan sebagai media perantara antara perangkat elektronik seperti laptop dan HP dengan jaringan internet.

Selain itu menggunakan modem WiFi, pengguna juga bisa melakukan pengecekan status paket data tepatnya status sisa kuota internet yang telah terpakai. Untuk pengecekan bisa dari semua provider operator seluler, misalnya Telkomsel dan lain-lain. Tidak hanya itu, bisa juga untuk mengganti nama koneksi WiFi sesuai yang diinginkan oleh pengguna.

3. Keunggulan Penggunaan Modem WiFi

Tidak hanya banyak fungsi, modem WiFi juga memiliki banyak keunggulan. Adapun keunggulannya yang pertama mampu memancarkan atau mengirimkan sinyal secara luas. Sehingga Hp atau laptop yang tersambung dengan modem WiFi akan mampu mendapatkan banyak sinyal. Kedua keunggulannya adalah tidak perlu listrik, pasalnya energi ini diperoleh dari baterai.

Jadi, tidak perlu menghubungkan dengan arus listrik. Keunggulan yang ketiga adalah ukuran benda yang simpel dan kecil. Cocok untuk dibawa ke mana saja, tidak butuh banyak ruang untuk meletakkannya. Sedangkan yang keempat, pengguna yang menyambungkan HP dengan modem WiFi pasti akan lebih hemat baterai daripada jika pengguna langsung menggunakan paket data.

4. Cara Memilih Modem WiFi Yang Baik

Untuk orang awam, atau pertama beli modem WiFi mungkin masih bertanya-tanya bagaimana cara memilih modem WiFi yang baik. Langkah yang pertama pastikan dengan melihat merknya, pasalnya tidak jarang merk yang terkenal di masyarakat memang merk yang bagus. Kemudian pastikan untuk mengecek spesifikasi alias kemampuannya dalam melakukan transfer data. Selain itu lihat harganya juga.

5. Jenis Medianya 

Sebelumnya perlu diketahui bahwa WiFi memanfaatkan gelombang radio alias tanpa kabel. Namun, sebenarnya ada dua modem untuk menyalurkan internet. Pertama adalah yang menggunakan kabel atau biasanya disebut dengan modem wired atau kabel.

Sedangkan yang jenis kedua adalah modem wireless atau nirkabel. Itu artinya modem ini menyalurkan internet tanpa menggunakan kabel. Perlu diingat bahwa penggunaan  modem jenis kedua ini harus melakukan pengkoneksian kepada wireless ISP atau internet service provider.

Demikian beberapa penjelasan dari semua hal yang terkait dengan modem WiFi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modem WiFi adalah perangkat sebagai sumber internet. Mungkin saat ini perangkat ini mulai diperlukan banyak orang. Pasalnya koneksi internet yang lancar seperti dikala pandemi saat ini sangat dibutuhkan oleh banyak pihak.