Cara Mengatasi Sinyal Smartfren Lemot

Cara Mengatasi Sinyal Smartfren Lemot, Patut Dicoba!

Apakah sering mengalami sinyal lemot Smartfren? Jangan panik. Hal wajar jika sinyal pada kartu paket terkadang lemot. Namun jika sinyal sering sekali lemot maka perlu diperbaiki. Sinyal lemot dapat dipercepat dengan beberapa cara yang dapat dilakukan sendiri dengan cepat dan mudah. Yuk simak, cara mengatasi sinyal Smartfren lemot sebagai berikut:

1. Mengatur Menjadi 4G

Sinyal pada semua paket perdana terdiri dari beberapa jenis seperti 2G, 3G maupun 4G. Salah satu koneksi internet yang cepat dan tidak lemot yaitu 4G. Beberapa kartu yang telah dulu sekali dibeli dan dijadikan paket data sering kali masih memiliki koneksi internet 3G.

Oleh karena itu, penggantian koneksi internet dapat dilakukan sendiri maupun ke store center.  Cara yang dapat dilakukan sendiri untuk mengganti koneksi internet yaitu dengan membuka pengaturan. Setelah itu pilih jaringan dan internet lalu jaringan seluler. Kemudian terdapat beberapa opsi pilihan dan pilih 4G.

Cara ini dapat dilakukan jika memang kartu perdana telah terdapat penyetelan 4G. Bagi yang belum, perlu untuk dibawa di store center agar dapat diberi koneksi 4G. Beberapa kartu perdana untuk mengubah koneksi terdapat biaya yang harus dibayarkan namun tidak besar hanya sekitar Rp. 15.000.

2. Melakukan Restart

Mematikan hp maupun modem Smartfren terlebih dahulu. Cara ini terbilang cukup mudah dilakukan karena hanya melakukan restart perangkat. Perlunya melakukan restart jika jaringan lemot yang datang secara tiba-tiba saat digunakan. Namun bagaimana jika masih lemot koneksinya?

Nah, jika ternyata masih lemot dengan cara restart maka kemungkinan besar terjadi error cukup serius. Oleh karena itu perlu untuk dibawa pada gerai Smartfren agar dapat diperbaiki kartu atau modemnya.

3. Mengganti APN Smartfren

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh Smartfren yaitu APN yang memiliki fungsi masing-masing agar tidak lemot. Contoh APN Smartfren yaitu APN unlimited, APN anti lag, APN gaming dan lainnya. Kemudian bagaimana cara mengganti APN sesuai yang diinginkan agar tidak lemot saat digunakan?

Cara untuk mengganti yaitu dengan pilih pengaturan kemudian pilih jaringan dan internet. Setelah itu pilih Axis dan nama titik akses dan klik tombol penambahan di atas kanan. Isilah data APN yang dibutuhkan untuk setiap APN jaringan internet seperti nama, number, username dan lainnya.

4. Mengatur DNS

Cara mengatasi sinyal Smartfren lemot dapat dilakukan dengan mengatur kembali DNS yang dapat dilakukan sendiri pada android. Kemudian bagaimana caranya? Bukalah number dial fitur Smartfren kemudian ketik #777 dan lakukan panggilan. Selain nomer tersebut dapat digunakan nomor *99#. Setelah itu perlu adanya pengisian data seperti nama, password, secondary.

5. Menghapus Data Pada Memori

Salah satu penyebab yang dapat membuat sinyal Smartfren lemot yaitu penyimpanan pada perangkat yang penuh. Oleh karena itu perlu adanya penghapusan beberapa data pada penyimpanan jaringan agar sinyal tidak mengalami gangguan. Selain membersihkan data internet juga dapat dilakukan pengecekan pada akses RAM. Bagaimana caranya?

Cara untuk menghapus data yang tidak penting pada akses RAM yaitu dengan memilih fitur home kemudian klik Task Manager. Selain menghapus cache yang memang tidak penting dapat pula dilakukan pematian aplikasi dan widget yang berjalan di belakang yang membuat jaringan lemot.

Telah diketahui beberapa cara mengatasi sinyal Smartfren lemot yang dapat dilakukan sendiri. Lakukan cara yang gampang terlebih dahulu untuk pengecekan jaringan apakah terkena gangguan ringan ataukah gangguan berat. Pergilah ke gerai center Smartfren jika memang terdapat gangguan serius yang tidak dapat diperbaiki sendiri.