cara mengatasi jaringan xl lemot

Pahami Cara Mengatasi Jaringan XL Lemot agar Lancar Kembali

XL salah satu jaringan yang cukup banyak diminati. Namun, untuk beberapa kondisi, jaringan XL kadang lemot. Hal ini tentunya mengganggu aktifitas yang sedang dilakukan. Maka dari itu dibutuhkan cara mengatasi jaringan XL lemot secara tepat.

Untuk menemukan solusi yang tepat, tentunya terlebih dahulu harus diketahui penyebabnya. Berbagai faktor bisa menyebabkan jaringan XL menjadi lemot. Untuk informasi lengkapnya, mari simak ulasan berikut ini:

Penyebab Jaringan XL Lemot

Untuk mencari solusi apa pun, terlebih dahulu harus ditemukan penyebabnya. Begitu pun perihal jaringan XL yang lemot, harus ditelusuri faktor yang bisa menyebabkan hal itu terjadi. Umumnya, jaringan lemot bisa disebabkan karena faktor berikut:

    • Adanya masalah pada perangkat smartphone yang digunakan
  • Kartu SIM yang rusak
  • Terjadinya maintenance serta cuaca yang buruk.

Penyebab yang umum terjadi yaitu poin terakhir yakni terjadi maintenance dari pihak jaringan. Perbaikan jaringan sangat diperlukan untuk meningkatkan sinyal yang berkualitas. Namun, dalam prosesnya kerap membuat jaringan menjadi lemot.

Cara Mengatasi Jaringan XL yang Lemot

Jika sudah ditemukan penyebab jaringan XL lemot, selanjutnya tentukan cara mengatasi jaringan XL lemot. Cara-cara berikut bisa menjadi solusi tepat untuk mengatasi  jaringan lemot yang menghambat aktivitas internet. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Pengecekan APN

Pertama-tama, lakukan pengecekan pada APN yang digunakan. Jika koneksinya menjadi lemot, maka bisa saja setting APN-nya kurang tepat. Pengaturan APN harus diterapkan setepat mungkin, karena inilah kunci utama agar perangkat bisa terhubung ke internet. APN bisa diatur pada bagian Mobile Network yang terdapat pada menu Setting Android.

2. On-Off Mode Pesawat

Cara mudah yang kerap dilakukan banyak orang yaitu dengan mengaktifkan mode pesawat. Jika setelah pengecekan, setting APN sudah tepat, ada kemungkinan perangkatnya bermasalah. Coba aktifkan mode pesawat dalam beberapa detik. Kemudian, mengaktifkan kembali mode pesawat pada smartphone. Cara ini sama halnya dengan melakukan refresh pada perangkat yang digunakan untuk memperkuat jaringan.

3. Restart Handphone

Jika masih lemot, cara mengatasi jaringan XL lemot lainnya bisa dengan cara melakukan restart handphone. Solusi yang satu ini kerap digunakan banyak orang. Handphone yang terlalu lama digunakan bisa memuat perangkat menjadi  error. Dengan melakukan restart, maka sistem perangkat pun akan menjadi refresh.

4. Bersihkan Cache pada Perangkat

Jangan lupa untuk membersihkan cache secara rutin. Cara mengatasi jaringan XL lemot yang satu ini kadang diremehkan. Padahal cache yang menumpuk pada perangkat akan membuat jaringan menjadi lemot. Untuk membersihkannya bisa menggunakan aplikasi yang banyak tersedia di Play Store.

5. Bersihkan Riwayat History Browser

Selain cache, setiap pengguna juga harus membersihkan riwayat history pada browser. Penuhnya histori penelusuran bisa menyebabkan akses internet menjadi lambat. Untuk menghapus histori bisa dengan cara membuka browser yang digunakan untuk penelusuran.

 6. Menggunakan Aplikasi Penguat Sinyal

Pada cara untuk mengatasi jaringan XL lemot lainnya yaitu menggunakan aplikasi penguat sinyal. Kini, berbagai aplikasi yang menguatkan sinyal bisa ditemukan melalui Play Store. Pilihlah aplikasi terbaik dan terpercaya, sehingga bisa menjadi solusi  untuk mengatasi jaringan lemot.

Itulah beberapa cara mengatasi jaringan XL lemot yang bisa dicoba. Setiap solusi bisa diterapkan dengan memperhatikan faktor penyebab jaringan menjadi lemot. Jika tidak bisa dilakukan secara mandiri, bisa meminta bantuan pada pihak konter terdekat. Alternatif lainnya bisa menghubungi layanan call center dari provider yang bersangkutan.