cara mengatur jarak wifi indihome

Ringkas Cara Mengatur Jarak Wifi Indihome bisa Diikuti

Memasang koneksi WiFi Indihome memang memudahkan untuk menjelajah internet. Akan tetapi, dalam jarak tertentu, koneksi tersebut bisa diakses oleh beberapa pengguna. Terlepas dari perlindungan menggunakan kata sandi, pemilik perlu melakukan cara mengatur jarak WiFi Indihome

Mengapa hal ini penting dilakukan? Sebab, untuk menghindari kebocoran data yang disebabkan oleh pengguna yang menyalahgunakan data. Tentu saja, hal ini akan mengakibatkan kerugian pemilik Wifi Indihome. Maka dari itu, lakukan cara untuk mengatur jarak WiFi Indihome berikut supaya data tetap aman, yaitu:

1. Memasukkan IP Address

Supaya dapat melakukan konfigurasi IP Address pada WiFi Indihome, pemilik diharuskan membuka browser terlebih dahulu. Langkah ini bisa dilakukan dengan menggunakan ponsel smartphone maupun melalui komputer. Konfigurasi dilakukan dengan memasukkan IP Address 192.168.11 untuk bisa membuka halaman pengaturan.

2. Mengisi Form pada Taskbar

Setelah berhasil melakukan konfigurasi dengan IP Address, maka akan muncul menu taskbar yang harus dilengkapi. Pada laman taskbar ini, pemilik diminta untuk menginput username dan password. Jika sudah selesai menginput form pada taskbar, kemudian dilanjutkan mengklik login untuk bisa melanjutkan langkah berikutnya.

3. Memilih Kategori Network

Apabila sudah terverifikasi, pemilik akan berhasil melakukan login. Lalu, akan muncul menu tab baru yang menampilkan beberapa kategori network. Pemilik WiFi Indihome diharuskan untuk memilih salah satu dari opsi yang tersedia. Opsi tersebut diantaranya seperti PAN, LAN, CAN, MAN, WAN, Internet, bahkan VPN.

4. Melakukan Setting Pengaturan WiFi Indihome

Langkah selanjutnya setelah menentukan kategori network, pemilik akan disuguhkan dengan tab menu baru. Menu pengaturan WiFi Indihome menampilkan opsi setting yang harus diisi. Untuk melakukan pengaturan WiFi, pilih pada opsi WLAN.

Pada menu opsi WLAN ini, pemilik diwajibkan mengisi kolom yang disediakan. Di kolom tersebut ada beberapa opsi, pilih opsi poin basic saja. Setelah itu, akan muncul tab menu yang selanjutnya lagi. Lalu, pemilik hanya cukup mengikuti secara runtut kolom pengaturan yang diminta untuk mengisi.

5. Melakukan pengaturan Transmitting Power

Pada tahap ini, pemilik akan disuguhkan menu WiFi Control. Melalui menu ini, pemilik dapat membatasi jarak yang bisa dijangkau supaya bisa menggunakan akses internet. Hal ini dilakukan dengan mengatur kapasitas kecepatan yang akses. Sebagai informasi, pengaturan default dari penyedia jasa, kecepatan akses pada transmitting power di setting 100%.

Dengan begitu, pemilik bisa mengubah kecepatan akses ini sesuai dengan keinginan. Apabila pemilik mengatur kecepatan akses sebesar 40%, artinya yang bisa menjangkau koneksi WiFi Indihome ini hanya sebatas itu. Hal itu menjadikan 60% pengguna lainnya nanti sudah tidak dapat mengakses koneksi ini.

6. Melakukan Apply Settingan Konfigurasi

Setelah dirasa sesuai dengan keinginan, kini saatnya pemilik mengetuk tombol apply. Dengan demikian cara mengatur jarak WiFi Indihome telah selesai dilakukan. Jangkauan koneksi WiFi tersebut kini sudah tidak sebesar settingan terdahulu. Dengan begitu, pemilik koneksi ini bisa terhindar dari kebocoran pengguna yang berpeluang menyalahgunakan koneksi tersebut.

Demikian penjelasan dari cara mengatur jarak WiFi Indihome yang bisa dilakukan. Mengingat banyaknya kerugian yang mungkin didapatkan dari pengaturan jangkauan yang luas. Kalau hanya tercuri kuota data internet, pemilik mungkin hanya rugi pada tagihannya yang selalu membengkak. Atau menyebabkan koneksi menjadi lambat karena banyaknya pengguna. Akan tetapi, jika terjadi kejahatan cyber crime yang mengintai, tentu hal ini akan lebih berbahaya lagi.