Cara Mengatasi Youtube Tidak Bisa Memutar Video Di PCjpg

6 Cara Mengatasi Youtube Tidak Bisa Memutar Video Di PC Paling Ampuh

Dimasa pandemi saat ini, Youtube menjadi media yang paling sering digunakan. Tapi ada kalanya saat sedang streaming di Youtube, akan ada gangguan seperti video tidak bisa dibuka seperti biasa. Hal ini adalah kejadian yang sering dialami. Untuk itu gunakan 6 cara mengatasi Youtube tidak bisa memutar video di PC yang paling ampuh:

1. Periksa Koneksi Internet

Urutan pertama cara mengatasi youtube tidak bisa memutar video di PC adalah memeriksa koneksi internet. Hal ini bisa dilakukan dengan cek speed internet, caranya ialah ketik speedtest pada google. Kemudian buka website speedtest, lalu klik go, maka akan muncul berapa speed internet yang sedang digunakan.

Jika semakin rendah maka koneksi internet berarti sangat buruk. Gangguan memutar video pada youtube yang disebabkan oleh koneksi internet akan ditandai dengan tanda loading yang terus muncul saat membuka video youtube.

Jika menggunakan Wifi, hal ini bisa diatasi dengan restart koneksi Wifi yang digunakan. Namun apabila memakai data seluler dari HP, pastikan kuota internet masih tersedia. Matikan dan hidupkan kembali data seluler guna me-refresh koneksi internet pada PC.

2. Bersihkan Data dan Cache di Browser

Jika terlalu sering menggunakan browser di PC seperti Firefox dan Google Chrome, maka lama-kelamaan sampah pada browser tersebut akan menumpuk. Sampah tersebut adalah data dan cache pada browser. Jika data dan cache tetap dibiarkan, maka browser akan semakin lemot yang bisa berakibat video di Youtube semakin sulit untuk dibuka.

Hal ini bisa diatasi dengan membersihkan data dan cache pada browser secara berkala. Untuk membersihkannya buka pengaturan pada Firefox lalu tekan history, kemudian tekan clear recent history. Jangan lupa centang bagian cache dan bagian yang ingin dihapus. Setelah dihapus coba putar kembali video Youtube yang ingin ditonton.

3. Update Browser pada PC

Jika sudah melakukan dua cara diatas tapi video di Youtube masih tetap tidak bisa dijalankan maka coba periksa ulang lagi browser yang sedang digunakan. Bisa jadi browser yang digunakan sudah kadaluarsa atau tidak update. Sehingga bisa menyebabkan penggunaan browser seperti memutar video pada Youtube juga bisa terganggu.

Untuk melakukan update pada Firefox bisa dilakukan dengan membuka pengaturan, kemudian tekan help, lalu tekan about firefox. Jika Firefox yang digunakan masih versi yang lama, maka secara otomatis Firefox akan melakukan update kemudian restart Firefox. Setelah itu coba buka kembali Youtube.

4. Update Adobe Flashplayer

Jika sudah melakukan update pada browser tapi masih tidak bisa memutar video, coba lakukan update pada Adobe Flashplayer. Adobe Flashplayer adalah media bantuan untuk memutar video pada browser. Caranya adalah dengan unduh kembali Adobe Flashplayer versi terbaru pada browser. Setelah diunduh dan restart browser coba buka dan mainkan kembali video pada Youtube.

5. Nonaktifkan Add-ons

Dengan menambahkan beberapa fitur dari add-ons tentu bisa membuat penggunaan browser semakin bagus. Tapi jika terlalu banyak menggunakan add-ons juga bisa menghambat kinerja pada browser, termasuk penggunaan Youtube. Untuk itu segera nonaktifkan dan hapus add-ons yang tidak terpakai pada browser, sehingga browser tidak lemot lagi dan Youtube bisa digunakan seperti biasa.

6. Periksa Pengaturan Tanggal dan Waktu pada PC

Salah satu hal remeh yang dianggap tidak penting pada PC adalah pengaturan tanggal dan waktu. Jika pengaturan tanggal dan waktu tidak sesuai dan tidak sinkron bisa mempengaruhi penggunaan browser dan juga Youtube.

Ini bisa membuat video tidak bisa diputar seperti biasa. Untuk itu jika sudah melakukan 5 langkah diatas tapi video Youtube masih tidak bisa gunakan dengan normal, coba periksa kembali apakah tanggal dan waktu pada PC sudah sinkron.

Itulah 6 cara mengatasi Youtube tidak bisa memutar video di PC yang bisa dicoba. Jika video pada Youtube tidak bisa diputar tentu akan sangat mengganggu bagi semua pengguna. Untuk itu coba gunakan cara-cara diatas agar video pada Youtube bisa diakses kembali seperti biasa.