Cara Melihat No Imei, Nomor Penting untuk Disimpan

Cara Melihat No Imei, Nomor Penting untuk Disimpan

Nomor imei merupakan nomor khusus sebagai identitas ponsel. Nomor identitas ini terdiri dari 15 digit angka. Melalui no imei, pemilik ponsel dapat mengetahui informasi tentang ponselnya. Terdapat lima pilihan cara melihat no imei. Di bawah ini adalah kelima cara tersebut:

1. Menu Pengaturan

Nomor imei mudah ditemukan di menu pengaturan ponsel. Cukup cari opsi “about phone” dan scroll. iPhone atau android punya cara yang sama untuk menemukan no imei. Di iPhone, pengguna perlu tiga langkah, buka menu pengaturan, general, dan tentang. Ponsel android pun sama, pengaturan, tentang ponsel, dan status.

2. Panggilan *#06#

Lakukan panggilan ke nomor *#06#, seperti pengguna melakukan pengecekan pulsa atau menelepon kontak. Sesaat kemudian, nomor imei akan muncul di layar ponsel. Screenshot nomor imei yang muncul untuk penyimpanan. Siapa tahu dibutuhkan di lain waktu, tinggal cari di galeri tangkapan layar. Bagaimana dengan ponsel yang belum termasuk smartphone kebanyakan? Ponsel model lama pun tentu memiliki nomor imei. Cara melihatnya cukup menekan tombol tertentu hingga nomor imei muncul. Jangan lupa untuk mencatat nomor tersebut.

3. Lihat Bagian Belakang Ponsel

Pengguna iPhone lebih mudah menemukan nomor imei. Lihat bagian belakang ponsel saja sudah cukup. Tercetak nama tempat di mana ponsel dirancang, serta nomor imei. Pengguna ponsel lain tipe terkini dapat mencoba cara melihat no imei di dua poin sebelumnya. Cara yang berbeda digunakan untuk ponsel tipe lama. Ponsel dengan baterai lepas, nomor imeinya terletak di balik baterai tersebut. Ingat, sebelum melepas baterai, matikan ponsel terlebih dahulu. Asal cabut baterai akan menimbulkan kerusakan ponsel di kemudian hari.

4. Kardus Ponsel

Simpan selalu kardus ponsel, karena pasti akan berguna. Di samping kartu garansi dan buku petunjuk, kardus ponsel juga menyimpan informasi nomor imei. Kemungkinan terburuk, jika ponsel hilang, pengguna masih bisa mendapatkan nomor imei di kardus ponsel. Laporkan nomor imei ponsel yang hilang ke operator terdekat. Fungsi pelaporan ini adalah agar segala kontak dan data ponsel dapat diblokir atau terkunci.

5. Akun AT&T

AT&T ialah layanan operator seluler terbesar di Amerika. Perusahaan ini mengembangkan layanannya ke berbagai negara, salah satunya Indonesia. AT&T menyediakan layanan paket data internet. Guna mengakses layanan yang ditawarkan, pelanggan harus memiliki aplikasi dan akun AT&T. Lewat akun AT&T dan menu Wireless Customer Agreement, pelanggan bisa mengetahui nomor imei ponselnya. Unduh file PDF nomor imei untuk menyimpan informasi tersebut.

Dilihat dari berbagai cara melihat no imei, dipastikan nomor ini penting untuk disimpan. Nomor imei menyimpan informasi tempat ponsel dibuat hingga nomor model. Pengguna ponsel di Indonesia sebaiknya melaporkan no imei di awal pembelian. Melalui tahap ini, pengguna ponsel membantu mengurangi penggunaan ponsel black market atau ilegal.

Telah dijelaskan pula bahwa no imei ini penting untuk laporan kehilangan. Melaporkan no imei ponsel yang hilang dapat membantu proses pelacakan. Hal ini mungkin terjadi, dengan syarat ponsel yang hilang masih memiliki kartu SIM dan terkoneksi internet. Di samping pengenal identitas ponsel dan laporan kehilangan, fungsi lainnya adalah mengetahui masa garansi ponsel pengguna.

Begitulah ponsel dirancang beserta kode dan nomornya. Tiap detail pasti punya fungsi tertentu. Menyadari hal ini, pengguna ponsel tak perlu menguasai ilmu teknologi yang tinggi. Paling tidak, pengguna memperhatikan bentuk dan detail lain pada ponsel yang dimilikinya. Biasa menggunakan, tentu bisa mengetahui sedikit banyak komponen pada ponsel.