aplikasi untuk menghitung kalori makanan

Saatnya Hidup Sehat, Inilah 5 Aplikasi untuk Menghitung Kalori Makanan Terbaik

Supaya tubuh tidak diserang virus maupun bakteri berbahaya, pola hidup sehat harus diterapkan. Guna metabolisme terjaga, tubuh memerlukan kalori yang cukup, bukan kalori berlebih yang menyebabkan penyakit. Nah, sekarang di gawai sudah banyak aplikasi menghitung kalori makanan yang bisa digunakan. Apa saja itu aplikasi untuk menghitung kalori makanan terbaik? Inilah jawabannya:

1. Fat Secret

Bagi pengguna Android, aplikasi untuk menghitung kalori makanan yang tepat adalah Fat Secret. Aplikasi ini cocok sekali bila digunakan untuk pengguna yang sedang melakukan program diet. Keunggulan dari Fat Secret adalah menyediakan database tentang kalori makanan yang sangat beragam.

Mulai dari sayuran, daging, bahkan makanan ringan atau snack bisa dilacak menggunakan aplikasi ini. Kelebihan lain yang dimiliki adalah adanya resep sehat, jurnal berat badan, serta catatan workout atau olahraga. Selain dapat mendeteksi kalori makanan, pengguna juga dapat berkomunikasi dan berbagi dengan pengguna lain. Jadi, bisa saling menyemangati satu sama lain.

2. My Fitness Pal

Terbukti sukses menurunkan berat badan, aplikasi My Fitness Pal sudah berhasil populer di kalangan anak muda. Selain dapat mendeteksi kalori makanan, aplikasi ini bisa melacak berat badan seseorang. Dari situ, fitur dari My Fitness Pal bisa merekomendasikan makanan-makanan yang berkalori rendah sebagai asupan harian.

Sesuai berat badan pengguna pula, aplikasi ini akan mengatur jumlah maksimum kalori yang harus masuk ke dalam tubuh. Jadi, jika pengguna tertib sesuai apa yang disarankan oleh aplikasi, tubuh ideal pun bisa diperoleh. Tunggu apa lagi, coba deh aplikasi menarik yang satu ini.

3. Lose It!

Bingung menentukan pola diet yang tepat? Aplikasi Lose It adalah solusi bagi orang yang ingin menggunakan cara diet yang paling tepat. Tentu saja pola diet ini akan ditentukan sesuai dengan usia serta berat badan pengguna.

Uniknya dari aplikasi ini adalah bisa mendeteksi kalori makanan hanya dengan mengunggah foto saja. Nantinya, fitur yang bernama Snapit ini akan merekomendasikan jumlah porsi makanan yang tepat sesuai dengan pola diet yang tepat pula. Jadi, pengguna nggak perlu khawatir dengan porsi makan yang berlebih lagi.

4. Weight Watcher

Sukses tidaknya sebuah pola hidup sehat harus selalu dipantau. Aplikasi Weight Watcher adalah satu di antara banyak aplikasi yang cocok digunakan. Selain menghitung kalori makanan, aplikasi ini membantu pengguna dengan menerapkan sistem poin. Jadi, pengguna akan mendapatkan poin di awal sesi untuk makanan yang mereka konsumsi.

Poin ini sudah ditentukan berdasarkan besar kalori, jumlah kadar gula, bahkan kandungan lemak jenuh juga bisa dideteksi. Pengguna harus menggunakan poin sebagaimana mestinya sesuai dengan pola diet yang diterapkan. Apabila rutin dan tertib, pola hidup sehat akan terbentuk. Bagi pengguna yang ingin diet, aplikasi ini sangat membantu memonitor apapun yang dikonsumsi.

5. Cron-O-Meter

Aplikasi terakhir yang direkomendasikan adalah Cron-O-Meter. Bisa mendeteksi kalori serta menentukan aktivitas yang tepat, aplikasi ini bahkan bisa digunakan untuk ibu hamil. Alasannya adalah karena aplikasi ini bisa menyarankan atau mengatur makanan yang diperlukan sesuai dengan kondisi tubuh masing-masing pengguna.

Selain kalori, pengguna juga bisa mengetahui jumlah vitamin serta mineral dalam sebuah makanan. Jadi, bagi pengguna yang ingin melakukan diet-diet tertentu bisa didampingi oleh aplikasi ini.

Itu dia kelima aplikasi untuk menghitung kalori makanan yang paling direkomendasikan. Bagi para pengguna yang ingin mengatur kalori dan memulai hidup sehat, macam-macam aplikasi ini sangatlah tepat. Tentu saja, konsistensi sangat diperlukan untuk menciptakan tubuh yang bugar.