Belajar Investasi Saham dengan Sekolah Pasar Modal (idx.co.id)
Belajar Investasi Saham dengan Sekolah Pasar Modal (idx.co.id)

Belajar Investasi Saham dengan Sekolah Pasar Modal

Sekolah pasar modal atau yang biasa disingkat dengan SPM ini merupakan sebuah program edukasi serta sosialisasi pasar modal. Diselenggarakan secara berkala oleh Bursa Efek Indonesia atau BEI.

Jenis SPM yang diselenggarakan adalah SPM Reguler, SPM Online serta SPM Institusi dan Komunitas. Semua masyarakat umum bisa menjadi peserta sekolah jika sudah melakukan pendaftaran yang sesuai dengan ketentuan dan syarat berlaku.

Manfaat Mengikuti Sekolah Pasar Modal

Dengan mempelajari investasi di SPM ini, anda akan melakukan interaksi langsung dengan pengajar yang profesional dan berpengalaman dalam bidang investasi. Sehingga akan membuat anda memahami investasi dengan lebih baik. Selain itu, Anda juga akan belajar kelebihan dan strategi hingga kebenaran dari berbagai mitos mengenai investasi yang ada di masyarakat.

Manfaat lainnya adalah mendapatkan edukasi serta penjelasan yang sebenar-benarnya mengenai dunia investasi. Sehingga Anda yang takut dengan investasi karena banyaknya rumor yang beredar mengenai investasi di kalangan masyarakat menjadi lebih terbuka secara pemikiran. Lalu tentunya Anda juga dapat bertanya tentang kebenaran rumor yang beredar tersebut.

Namun edukasi yang akan anda dapatkan tidak hanya seputar saham pada umumnya. Namun Anda juga akan diberikan edukasi mengenai jenis investasi yang lainnya, seperti reksadana dan pasar modal syariah.

Dengan mendapatkan edukasi mengenai cara pemilihan jenis investasi yang cocok dengan Anda, tentunya membuat merasa yakin dan lebih percaya diri untuk berinvestasi.

Semakin memahami bahwa investasi itu tidak sulit dan mahal, maka akan semakin berani Anda untuk melakukan investasi. Pastinya harus memahami dan mengetahui informasi tentang lembaga-lembaga yang ada di pasar modal, yang menyediakan fasilitas serta perlindungan kepada investor.

Selain itu, pemahaman Anda mengenai investasi juga akan menjadi lebih baik. Termasuk mengenai investasi syariah dan reksadana dengan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing investasi.

Tujuan

Tentunya Bursa Efek Indonesia memiliki tujuan khusus mengapa mengadakan Sekolah Pasar Modal. Tidak lain karena ingin memberikan edukasi yang tepat dan benar mengenai investasi, saham dan semua informasi serta mekanisme untuk menjadi seorang investor.

Selain itu, juga ingin mengedukasi tentang teori pemilihan untuk investasi. Sehingga akan meningkatkan awareness mengenai investasi saham yang sangat mudah dan terjangkau.

Selain itu, BEI juga ingin mengedukasi, memperkenalkan serta memberikan informasi yang sebenar-benarnya mengenai Pasar Modal Syariah. Agar masyarakat tahu bagaimana mekanisme menjadi investor Syariah.

Persyaratan

Semua lapisan masyarakat dapat mengikuti sekolah pasar modal ini. Namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, seperti usia minimal 17 tahun dan memiliki KTP atau kartu tanda pengenal.

Memiliki NPWP untuk orang yang bekerja dan memiliki rekening tabungan pribadi. Selain itu juga harus memiliki komputer dan laptop atau gadget yang dapat mengakses internet. Sebab ada beberapa materi pembelajaran dalam format video.

Persyaratan tersebut wajib dipenuhi, baik untuk sekolah tatap muka maupun online. Selain itu, ada biaya yang dikenakan untuk dapat mengikuti kelas investasi. Biaya yang diminta minimum Rp 100 ribu yang dana tersebut langsung dialokasikan sebagai dana investasi pertama dari peserta sebagai bentuk saham pada bursa efek.

Benefit yang akan didapat dari biaya tersebut adalah kelas seminar, pembukaan rekening atas efek dengan biaya modal mula yang dibayarkan yaitu Rp 100 ribu. Juga mendapatkan materi digital, sertifikat digital serta konsumsi.

Namun benefit utama yang akan didapatkan dari sekolah pasar modal tentu saja pengetahuan seputar dunia investasi. Memiliki kesempatan belajar secara langsung dari orang yang sudah profesional dan berpengalaman dalam dunia investasi.