Rasio Likuiditas adalah Cara Melihat Kondisi Keuangan Perusahaan (radenwinata.com)
Rasio Likuiditas adalah Cara Melihat Kondisi Keuangan Perusahaan (radenwinata.com)

Rasio Likuiditas adalah Cara Melihat Kondisi Keuangan Perusahaan

Rasio likuiditas adalah sebuah rasio yang menampilkan kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban untuk membayar hutang jangka pendek. Untuk mengetahui dan mengukur seberapa likuidnya sebuah perusahaan, biasanya menggunakan rasio ini.

Jika sebuah perusahaan mampu memenuhi kewajibannya, maka perusahaan tersebut merupakan perusahaan likuid. Namun jika tidak mampu, maka perusahaan tersebut merupakanan perusahaan ilikuid..

Rasio Likuiditas adalah Tampilan Asli Perusahaan

Lantas bagaimanakah cara mengukur likuiditas sebuah perusahaan? Anda dapat melakukan perbandingan dengan komponen yang ada pada neraca. Seperti total aktiva lancar dan juga pasiva lancar. Dengan pengurukan untuk beberapa periode hingga dapat terlihat perkembangan likuiditas perusahaan tersebut

Sebuah perusahaan akan dikatakan likuid tentu dengan kemampuannya dalam memenuhi kewajiban keuangan atau kemampuan perusahaan ketika ada penagihan. Sehingga masing-masing perusahaan wajib memahami rasio atas likuiditas dan terdiri atas beberapa macam rasio.

Rasio Lancar (Current Ratio)

Dengan menggunakan rasio ini, kita akan tahu sejauh mana aktiva lancar perusahaan mampu menutupi utang lancarnya atau kewajiban jangka pendek. Semakin besar perbandingan aktiva lancar dengan hutang lancar, berarti semakin tinggi juga kemampuan perusahaan untuk menutupi kewajiban utang lancarnya.

Nilai tinggi dari rasio lancar juga menunjukkan adanya dana kas berlebih yang dapat berarti 2 hal. Yaitu keuntungan besar yang diperoleh, dan bisa dari akibat penggunaan keuangan perusahaan yang tidak dilakukan secara optimal untuk investasi.

Rasio Cepat

Rasio likuiditas adalah rasio yang digunakan untuk menunjukkan perusahaan dalam kemampuan membayar atas kewajiban jangka yang pendek dengan memakai aktiva lancar, tanpa perlu memperhitungkan persediaan dengan metode rasio cepat. Sebab hal tersebut akan membutuhkan waktu yang lama untuk dapat dicairkan jika dibandingkan dengan beberapa aset yang ada.

Rasio cepat ini biasa juga disebut dengan quick ratio dan terdiri dari pitung serta surat-surat yang berharga. Selanjutnya, semakin besar rasio tentu akan semakin baik terhadap posisi keuangan dari perusahaan.

Apabila hasil dari rasio cepat 1:1 atau 100%, maka hal tersebut berdampak baik ketika terjadi likuidasi. Sebab perusahaan dapat dengan mudah membayar semua kewajiban yang dimilikinya.

Rasio Kas atau Cash Ratio

Rasio likuiditas adalah rasio yang dapat mengukur seberapa besar dana yang tersedia, untuk dapat melunasi kewajiban jangka pendek yang ditunjukkan dari rasio kas. Sebagai contoh rasio kas ini adalah rekening giro.

Hasil dari rasio kas ini tidak jauh berbeda dari rasio cepat, jika hasil rasio menunjukan 1:1, berarti semakin besar perbandingan kas dengan utang yang membuat hal tersebut semakin baik pada rasionya.

Rasio Perputaran Kas atau Cash Turnover Ratio

Merupakan rasio yang dapat menunjukkan nilai relatif antara penjualan bersih terhadap kerja bersih. Seperti contoh modal kerja, yang seluruh komponen aktiva lancarnya dikurangi jumlah total hutang lancar.

Rasio perputaran kas ini dapat juga dihitung dengan cara membagi nilai penjualan bersih dengan modal kerja. Sehingga dapat menunjukkan besaran penjualan untuk modal kerja yang perusahaan miliki.

Manfaat Rasio Likuiditas

Jika anda mengetahui rasio likuiditas perusahaan, maka anda akan mendapatkan beberapa manfaat. Seperti dapat mengantisipasi dana yang anda perlukan ketika muncul kebutuhan mendesak.

Selain itu juga akan mempermudah nasabah  yang ingin melakukan penarikan dana. Dapat menjadi poin penentu bagi perusahaan untuk bisa mendapatkan persetujuan investasi dan juga bisnis lain yang menjanjikan.

Rasio likuiditas adalah sebuah gambaran tentang perkembangan finansial yang anda miliki. Anda dapat melakukan analisis terhadap data dari sebuah keadaan finansial perusahaan. Oleh sebab itu, dengan rasio likuiditas anda dapat mengetahui hal tersebut.