Jenis Reksadana Yang Wajib Anda Ketahui Untuk Berinvestasi (pinterest)
Jenis Reksadana Yang Wajib Anda Ketahui Untuk Berinvestasi (pinterest)

Jenis Reksadana yang Wajib Anda Ketahui Untuk Berinvestasi

Jenis reksadana untuk melakukan berbagai investasi beragam. Mulai dari reksadana pasar uang, saham, pendapatan tetap dan lain-lain.

Bagi Anda yang termasuk investor pemula maka bisa mencoba berinvestasi melalui reksadana. Pasalnya selain memiliki persyaratan yang cenderung mudah. Reksadana juga membawa keuntungan investasi yang lumayan besar. Apalagi reksadana saham yang hanya membutuhkan modal kecil.

Untuk mengetahui berbagai macam reksadana yang ada. Simak ulasannya berikut ini.

Berbagai Jenis Reksadana Untuk Berinvestasi

Salah satu dari reksadana ini bisa menjadi referensi Anda untuk memulai investasi.

Reksadana Pasar Uang

Untuk jenis yang satu ini melakukan investasi dalam wujud alat pasar uang. Selain itu juga memiliki batasan waktu yaitu selama satu tahun.

Untuk wujud alat pasar uang ini misalnya deposito berjangka, sertifikat deposito, dan SBI. Selain itu reksadana pasar uang ini juga tergolong paling mudah untuk dilakukan.

Reksadana Pendapatan Tetap

Salah satu jenis reksadana yang banyak dikenal kebanyakan orang yaitu reksadana pendapatan tetap. Reksadana ini mengalokasikan dana investasinya minimal 80% dari obligasi.

Hal tersebut bertujuan agar pengembalian keuntungan yang didapatkan nantinya bisa stabil.

Reksadana Campuran

Tentu saja dari nama reksadana ini sudah bisa ditebak bagaimana proses investasi di dalamnya. Jenis ini bisa melakukan investasi dalam beberapa kombinasi bentuk. Namun hasil atau keuntungan yang dicapai juga relatif lebih tinggi.

Jika dibandingkan reksadana yang lainnya akan tetapi terdapat resiko yang besar. Apabila Anda mengalami kerugian maka jumlah kerugian tersebut tergolong sangat besar. Bahkan bisa mencapai setengahnya.

Reksadana Saham

Jenis reksadana yang satu ini tergolong banyak diminati kebanyakan orang. Pasalnya untuk pengembalian modalnya juga tinggi. Reksadana ini dilakukan dengan menginvestasikan 80% dananya dalam wujud ekuitas.

Selain itu reksadana saham juga sangat cocok jika digunakan untuk investasi kurun waktu lama. Seperti investasi untuk jangka 5 tahun kedepan.

Oleh sebab itu wajar jika Anda memperoleh pengembalian pendapatan yang tinggi. Jika Anda memilih kurun waktu yang cukup lama. Maka minimal Anda akan memperoleh 10% hingga 20% dalam setahun.

Keuntungan Investasi Reksadana

Banyak keuntungan yang akan Anda peroleh jika berinvestasi dengan reksadana.

Mudah Untuk Dipelajari

Karena bukan Anda yang mengelola dana investasi Anda secara langsung. Maka Anda harus selektif dalam memilih perusahaan yang akan Anda gunakan.

Pastikan perusahaan tersebut sebelumnya sudah terdaftar di OJK dan BEI. Agar menghindari kemungkinan Anda masuk dalam investasi bodong.

Modal Awal Kecil

Anda bisa menyetorkan sejumlah uang sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Pasalnya Anda tidak akan membeli dalam jumlah slot. Akan tetapi dengan satuan jumlah yang sudah Anda rencanakan sebelumnya.

Sehingga dari segi keuntungan pun relatif lebih mudah untuk diperkirakan.

Banyak Pilihan

Ternyata bagi Anda yang beragama muslim tetap bisa berinvestasi dengan cara yang aman. Karena jenis reksadana ini juga tersedia dalam bentuk syariah. Sehingga dalam penyelenggaraannya pun sesuai dengan syariah yang dianjurkan.

Oleh sebab itu mampu menghindari dari laba yang haram atau riba. Namun bagi Anda yang menginginkan investasi seperti biasa. Anda bisa memilih reksadana konvensional yang sudah terdaftar OJK.

Dapat Diakses Melalui Online

Tentu saja dengan perkembangan zaman yang semakin pesat, digitalisasi pun juga sudah menjadi konsumsi sehari hari bahkan kewajiban. Termasuk dalam hal investasi secara online Anda bisa menggunakan m-banking. Jenis reksadana online bertujuan untuk mempermudah dan memperlancar melakukan transaksi uang investasi Anda.