Berikut Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham

Berikut Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham

Harga saham kerap kali menunjukkan ketidakstabilan. Hal ini membuat para calon investor, harus benar-benar memahami seluk-beluk saham. Paling tidak Anda musti paham aturan main, dan beberapa faktor yang mempengaruhi harga saham.

Saham adalah bukti kepemilikan nilai terhadap suatu perusahaan atau bisa juga disebut bukti kepemilikan berkat penanaman modal. Orang yang memiliki saham tentu akan mendapat bagian profit dari perusahaan tersebut. Mereka juga memiliki hak atas aturan dan berbagai aset perusahaan.

Inilah Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham Bagi Pemula

Bagi Anda yang tertarik untuk menanam saham, tentu ini adalah hal baik. Dengan segala keuntungannya, juga akan memberikan Anda pengalaman yang berkesan. Akan tetapi, ada juga mesti memahami terlebih dahulu agar tidak merugi di kemudian hari. Berikut beberapa faktor yang dapat Anda pertimbangkan sebelum Anda menanamkan modal Anda.

Faktor Suku Bunga

Suku bunga di suatu perusahaan bisa Anda jadikan sebagai tolok ukur dan pertimbangan. Semakin besar suku bunga di sebuah perusahaan, maka kemungkinan keuntungan Anda semakin kecil. Karena semakin tinggi suku bunga, semakin rendah laba perusahaan.

Bila suku bunga tinggi, maka para pemilik modal dan investor akan mengalihkan dananya ke deposito. Sehingga harga saham cenderung turun, karena laba saham tidak lebih besar dari bunga deposito. Hal ini perlu Anda perlu berhati-hati agar nantinya tidak merugi.

Keuntungan Per Lembar Saham

Pada umumnya, melakukan tanam modal kepada perusahaan yang memiliki profit bagus menjadi prioritas tersendiri. Setiap penanam saham yang berinvestasi atau menanamkan modal akan menerima keuntungan dari hasil itu. Maka, apabila keuntungan perusahaan baik, Anda juga akan mendapatkan laba yang baik.

Hal ini tentu akan semakin menarik para investor untuk menanamkan modalnya lebih banyak lagi, kemudian akan mengangkat harga saham perusahaan. Ini merupakan faktor yang mempengaruhi harga saham menjadi meningkat.

Jumlah Dividen yang Diberikan

Deviden adalah bagian dari keuntungan perusahaan yang diberikan kepada pemegang saham. selain bisa diberikan dalam bentuk deviden. Bisa juga dalam bentuk capital gain. Pembagian deviden dalam prosesnya biasa diperlakukan dengan dua kebijakan. yakni sebagian dibagikan dan sebagian ditahan.

Apabila jumlah dividen yang dibagikan lebih dari yang ditahan, ini bisa jadi indikator harga saham yang tinggi. Karena apabila kebijakannya seperti ini, tentu para pemegang saham akan memberikan modalnya secara lebih banyak dan para investor pun akan datang.

Kondisi Politik dan Pemerintahan

Situasi dan kondisi politik sangat rentan terhadap permasalahan ini. Karena tidak bisa diperkirakan, keputusan pemerintah akan menjadi faktor yang mempengaruhi harga saham. Meskipun, kebijakan itu belum terealisasi atau baru sekedar wacana.

Sebagai contoh pengangguran akibat pengaruh politik dan keamanan juga berpengaruh terhadap naik turunnya harga saham. Begitu pula kebijakan pemerintah tentang ekspor impor, hutang, dan lain sebagainya.

Menganalisa Pengelolaan Manajemen Perusahaan

Perusahaan yang dikelola dengan manajemen baik tentu akan lebih menjamin kemajuan perusahaan tersebut. Dengan begitu, keuntungan akan menjadi lebih tinggi. Ditambah dengan kebijakan yang tidak merugikan investor, tentu akan menambah harga saham menjadi tinggi.

Kurs Nilai Rupiah Dengan Dolar AS

Posisi rupiah terhadap Dolar AS sangat berpengaruh terhadap nilai saham di sebuah perusahaan. Terlebih bagi perusahaan mereka yang memiliki beban hutang dengan mata uang asing.

Risiko dan Pengembaliannya

Apabila laba dan tingkat risiko meningkat, kemungkinan akan mempengaruhi nilai saham perusahaan itu. Pada intinya, semakin tinggi risiko, semakin tinggi pula tingkatan laba dan harga saham. Pahami faktor yang mempengaruhi harga saham ini.