cara mengecilkan ukuran pdf di laptop

5 Cara Mengecilkan Ukuran PDF di Laptop Dengan Mudah

File PDF biasanya dibutuhkan untuk melamar pekerjaan di lembaga pemerintahan ataupun perusahaan. Mayoritas lembaga yang meminta file PDF dengan ukuran ringan atau kecil  yaitu sekitar 100-200 KB. Sehingga harus mengkompres atau mengecilkan ukuran PDF terlebih dahulu. Ada beberapa cara mengecilkan ukuran pdf di laptop yang mudah.

Banyak berbagai situs memfasilitasi untuk memperkecil file PDF dengan mudah. Dalam menggunakannya tanpa ada biaya. Mengecilkan file PDF di laptop sangat mudah dilakukan, cukup siapkan file yang akan diperkecil lalu membuka situs memperkecil ukuran PDF. Berikut 5 cara mengecilkan ukuran PDF di laptop:

1. Memakai Situs I Love PDF

Cara mengecilkan ukuran PDF di laptop dengan mudah yaitu memakai situs I Love PDF. Dengan menggunakan situs tersebut ukuran file PDF dapat menjadi ringan atau kecil. Situs I love PDF dilakukan secara online dengan gratis atau tanpa ada biaya. Berikut langkah menggunakan situs I Love PDF.

Langkah awal adalah membuka ilovepdf.com pada browser yang ada di laptop dan pastikan sudah terhubung dengan Wifi. Selanjutnya, pilih Kompres File pada fitur yang ditampilkan. Lalu, pilih file PDF yang ingin dikecilkan. Jika sudah, file yang dikecilkan dapat di download dan tersimpan di fitur download pada laptop.

2. Menggunakan SodaPDF

Dalam browser dapat menggunakan Soda PDF ataupun sodapdf.com sebagai salah satu cara untuk mengecilkan file PDF. Sangat mudah dilakukan, pertama yaitu pilih file yang akan dikompres dengan mengklik Choose file yang ada ditengah layar. Pengguna mengunggah file yang ada di dokumen laptop maupun Google Drive.

Dalam situs tersebut terdapat 3 tipe kualitas mengkompres file. Pertama low quality untuk kompresi yang kecil, good quality untuk kompresi sedang, dan high quality untuk kualitas paling tinggi dan ukuran besar. Situs Soda PDF tidak hanya melalui online saja bahkan tersedia dalam berbentuk aplikasi.

3. Memakai Small PDF

Dengan membuka situs SmallPDF atau smallpdf.com yaitu dapat mengecilkan ukuran file PDF. Langkah yang dilakukan sangat mudah, pastikan laptop terhubung dengan internet. Buka browser SmallPDF, memilih file yang akan dikecilkan yaitu klik Choose File. Sama halnya menggunakan situs I Love PDF dan Soda PDF.

Tunggu beberapa menit dan file yang sudah berukuran kecil dapat di download. Setelah proses kompres selesai, akan muncul informasi mengenai berapa persen hasil kompresi dari dokumen aslinya dan ukuran baru file tersebut.

4. Menggunakan Word

Microsoft word tidak hanya dapat dipakai untuk membuat dokumen dengan format doc saja, bahkan dapat digunakan mengkompres file PDF. Pada laptop pasti terdapat software Microsoft word. Software tersebut dapat dilakukan secara offline. Akan tetapi tidak semua tipe Word dapat digunakan untuk mengecilkan file, seperti tipe Word 2013.

Adapun cara untuk mengkompres file PDF dengan Word yaitu pertama  membuka software Microsoft word dan mengklik file pada fitur menu bar. Pilih open dan pilih file yang akan dikompres. File pdf akan berubah dalam bentuk file kompres. Pilih Ok, lalu save As dan pilih ukuran yang minimum, kemudian klik Save pada bagian menu bar.

5. Memakai  Adobe

Dengan cara lain untuk mengecilkan ukuran PDF yaitu menggunakan adobe yang dapat diakses melalui Laptop. Situs tersebut sudah terkenal dengan aplikasinya, biasanya digunakan membuka file PDF pada komputer maupun laptop. Adobe memfasilitasi cara untuk mengkompres PDF sesuai keinginan. Cara ini dapat dilakukan melalui online tanpa harus install aplikasi.

Langkah awal yaitu buka situs Adobe melalui browser dan pastikan laptop atau komputer terhubung ke internet. Kemudian klik Select a file dan pilih file PDF yang ingin dikecilkan. Lalu klik open, jika file sudah dipilih tunggu hingga selesai. Jika berhasil, maka pilih ukuran kompresi yang diinginkan. Klik compress, tunggu sampai berhasil lalu unduh file tersebut.

Begitulah 5 cara mengecilkan ukuran PDF di laptop dengan mudah. Pengguna dapat melakukan melalui online maupun offline. Dan pastikan jika melakukan secara online, laptop sudah terhubung pada internet ataupun Wifi.