software recovery data terbaik

Top 5 Software Recovery Data Terbaik

Kesalahan saat menghapus, tidak sengaja memformat file, atau file yang tiba-tiba hilang karena virus memang benar-benar membuat pusing. Apalagi kalau file yang terhapus adalah file penting. Tentunya software recovery data terbaik dapat diandalkan saat pengguna mengalami masalah seperti itu.

Sebenarnya data file yang terhapus itu masih bisa diselamatkan karena sebenarnya hanya tabel database-nya saja yang kosong. Nah disinilah peran software recovery data bisa diandalkan. Berikut rekomendasi software yang paling sering dipakai.

1. TestDisk

Software recovery data terbaik yang dapat diandalkan adalah TestDisk. Software ini tentu saja tersedia secara gratis. Fungsi unggulan dari software ini adalah untuk mengembalikan file yang sudah hilang maupun terhapus.

Software TestDisk bisa juga digunakan bagi pengguna yang kehilangan file di hardisk karena kerusakan pada partisi hardisk. Selain itu, sudah tersedia secara multi-platform sehingga dapat dibuka di OS mana saja.

Dengan keunggulan yang ditawarkan oleh software ini, tentu saja banyak pengguna yang menyukainya. Karena itu, software ini sudah sangat populer digunakan saat mengembalikan data yang hilang atau terhapus.

2. Pandora Recovery

Di deretan kedua software yang dapat diandalkan dalam mengembalikan data yang hilang yaitu Pandora Recovery. Software Pandora Recovery dapat mengembalikan data pengguna yang sudah terhapus secara permanen. Atau bahkan file yang sudah benar-benar terhapus dari Recycle Bin.

Jika kelebihan software ini adalah mengembalikan file yang sudah terhapus secara permanen, maka ada juga kekurangan dari software ini. Yaitu mengembalikan data file yang terhapus kurang dari 1 bulan. Jika file yang terhapus sudah melebihi 1 bulan, maka Pandora Recovery tidak dapat mengembalikan filenya.

3. Wise Data Recovery

Selanjutnya yang dapat diandalkan adalah Wise Data Recovery. Software ini tersedia secara gratis dan dapat dimanfaatkan dengan cuma-cuma. Meskipun tingkat keberhasilan menggunakan software ini untuk mengembalikan data tidak mencapai 100%, tetapi software ini masih sangat layak untuk dicoba.

Keunggulan dari software Wise Data Recovery adalah dapat menampilkan tingkatan data yang dapat diselamatkan dengan keterangan seperti “good”, “poor”, “very poor” maupun “lost”. File yang bisa benar-benar diselamatkan memiliki keterangan “good” dan yang tidak adalah “lost”.

4. EaseUs Data Recovery Wizard

Software lain yang dapat disebut sebagai software recovery data terbaik dalam top 5 kali ini adalah EaseUs Data Recovery Wizard. Software ini memiliki banyak keunggulan karena sudah 10 tahun dipercaya sebagai software recovery data.

Keunggulan software ini diantaranya adalah hasil pemindaian data yang sangat lengkap dan rinci, tampilan antar-muka yang mudah dipahami dan juga biaya penggunaan software yang terbilang cukup murah. Selain itu, software ini dapat digunakan secara gratis jika data yang akan dipulihkan tidak mencapai 2GB.

5. Disk Drill

Rekomendasi berikutnya adalah Disk Drill. Software ini dapat memulihkan data secara lengkap dengan solusi pemulihan tingkat lanjut. Disk Drill dapat digunakan baik di Windows maupun di Mac.

Keunggulan yang ditawarkan dari software ini adalah memiliki fitur pencadangan dan perlindungan, mengatur file yang ditemukan berdasarkan kategori, mendukung banyak sistem dan jenis file, serta berbagai keunggulan lain.

Windows 7, Windows XP sampai dengan Windows Vista dan juga Mac mendukung penggunaan software ini. Meskipun software ini berbayar, tapi sangat direkomendasikan untuk dicoba karena keunggulan yang ditawarkan sangat luar biasa.

Itu tadi beberapa ulasan mengenai software recovery data terbaik yang populer di kalangan banyak pengguna. Tentunya ada beberapa yang berbayar dan tersedia secara gratis. Pengguna tentunya dapat menentukan pilihannya sesuai dengan kebutuhan masing-masing.