cara menghilangkan suara bising di video

Cara Menghilangkan Suara Bising Di Video Menggunakan Aplikasi

Gangguan suara bising pada video membuat nilai estetis pada suatu video menjadi terganggu. Cara menghilangkan suara bising di video bisa menggunakan aplikasi maupun tidak, sehingga pengguna tidak khawatir terdapat suara bising di video.

Saat ini, banyak aplikasi editing yang menawarkan fitur menghilangkan suara bising atau noise di video. Aplikasi ini bisa digunakan mulai dari pemula hingga profesional dalam bidang editing video. Berikut akan dijelaskan cara menghilangkan suara bising di video menggunakan aplikasi:

1. Gunakan Adobe Premiere

Salah satu aplikasi yang sudah sering digunakan oleh video editor untuk menghilangkan suara bising adalah Adobe Premiere. Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang memudahkan penggunanya untuk mengedit video. Bahkan, Adobe Premiere merupakan aplikasi yang memiliki fitur lengkap dalam editing video.

Langkah cara menghilangkan suara bising di video menggunakan Adobe Premiere adalah dengan mengimport file. Kemudian, buka menu efek lalu pilih audio effect dan pilih noise reduction. Copy dan paste efek tersebut ke video yang akan diedit.

Langkah selanjutnya, pilih effect control dan pilih menu fx DeNoise lalu klik edit. Atur Amount and Gain sesuai dengan selera pengguna. Jika sudah cek kembali dan proses menghilangkan suara bising menggunakan Adobe Premiere selesai.

2. Gunakan Noise Reducer

Cara menghilangkan suara bising di video menggunakan aplikasi selanjutnya adalah menggunakan Noise Reducer. Aplikasi ini sangat bagus untuk digunakan menghilangkan noise bagi editor video pemula. Fitur-fitur yang diberikan sangat mudah digunakan dan dipahami penggunanya.

Langkah pertama untuk menghilangkan suara bising di video adalah dengan mengimport file video ke Noise Reducer. Tunggu beberapa saat hingga proses denoising di aplikasi selesai dan video yang diedit muncul. Setelah itu, pengguna dapat mengecek hasilnya dengan klik Play Noiseless.

Apabila hasilnya sesuai dengan yang diinginkan, pengguna dapat menyimpan file tersebut dengan memilih menu save as. Kemudian pilih lokasi penyimpanan untuk menyimpan file video yang sudah diedit, lalu klik Oke.

3. Gunakan Filmora

Cara selanjutnya yang bisa digunakan untuk menghilangkan suara bising di video yakni menggunakan Filmora. Aplikasi ini bisa digunakan di Android, MacBook, Laptop dan PC. Jadi, pengguna tak perlu khawatir media yang digunakan untuk mengedit video.

Import video yang akan diedit di Filmora lalu cut video yang tidak diedit. Setelah itu, pisahkan audio dan video dengan fitur pisahkan audio. Pengguna juga dapat menggunakan shortcut Ctrl+Alt+D untuk memisahkan audio.

Langkah selanjutnya, klik dua kali audio dan pilih Hapus Kebisingan Latar Belakang lalu tarik hingga Mid dan pilih Ok. Apabila masih terdapat noise, pengguna dapat membuka equalizer lalu atur secara perlahan hingga noise hilang.

4. Gunakan Audacity

Aplikasi Audacity memiliki fitur yang memudahkan penggunanya untuk menghilangkan suara bising atau noise pada video. Pengguna dapat menggunakan aplikasi ini dengan PC. Aplikasi Audacity sangat membantu penggunanya dalam mengedit video.

Langkah pertama, buka aplikasi Audacity lalu pilih video yang akan diedit. Selanjutnya, pilih sampel noise profile dan pilih menu Effect. Setelah itu, pilihlah menu Noise Reduction pada Audacity. Kemudian klik opsi Get Noise profile.

Tekan shortcut Ctrl+A secara bersamaan untuk memblok atau memilih seluruh audio yang sudah ada. Kemudian pilih Effect serta Noise Reduction lalu atur sesuai dengan keinginan pengguna, maka proses edit menghilangkan noise sudah selesai.

5. Gunakan Lexis Audio Editor

Cara menghilangkan suara bising di video menggunakan aplikasi lainnya dapat menggunakan aplikasi Lexis Audio Editor. Sebelumnya pastikan sudah mengunduh dan menginstall aplikasi ini di Google Play. Setelah itu, pengguna dapat menggunakan aplikasi untuk mengedit video.

Buka aplikasi Lexis Audio Editor yang sudah diunduh lalu pilih menu Open guna membuka file yang akan diedit. Kemudian, klik tombol berwarna hijau play dan tombol berwarna abu-abu untuk berhenti pada video yang dihilangkan Noisenya.

Langkah selanjutnya, klik titik tiga lalu pilih menu Effect. Setelah itu, pilih fitur Noise Reduction dan gunakan pengaturan default lalu klik Ok dan pilih Apply. Maka proses menghilangkan suara bising di video selesai.

6. Gunakan Capcut

Cara menghilangkan suara bising di video menggunakan aplikasi yang terakhir adalah dengan menggunakan CapCut. Bagi pengguna yang tidak memiliki PC maupun Laptop, sangat disarankan menggunakan Capcut. Hal ini terjadi karena aplikasi Capcut bisa digunakan di Smartphone.

Pengguna dapat mengunduh aplikasi Capcut dengan mudah dan gratis di Playstore. Aplikasi ini sangat bagus bagi pemula atau yang masih belajar mengedit video karena fitur yang mudah dipahami. Akan tetapi, fitur aplikasi ini belum selengkap fitur aplikasi edit video lainnya.

Buka aplikasi Capcut yang sudah terinstall lalu masukkan video yang ingin dihilangkan suara bisingnya. Setelah itu, pilih bisukan audio clip maka suara asli video atau noise sudah hilang di video pengguna. Jadi, proses menghilangkan suara bising di video sudah selesai.

Demikian penjelasan tentang cara menghilangkan suara bising di video menggunakan aplikasi. Dengan menggunakan bantuan aplikasi semakin mempermudah penggunanya untuk menghilangkan suara bising pada video. Hal ini akan membuat video yang dibuat memiliki kualitas yang lebih baik.