cara pasang router wifi

Berikut Cara Pasang Router WiFi dan Tipsnya Agar Mendapatkan Sinyal Kuat

Hal pertama yang harus diketahui setelah membeli router yaitu bagaimana cara pasang router WiFi dan men-setting-nya. Sebab jaringan WiFi tidak dapat langsung digunakan jika belum melewati pengaturan maupun konfigurasi tertentu. Pengaturannya sendiri berbeda sesuai dengan merek router yang dibeli.

Umumnya saat berlangganan WiFi, semua sudah dipasang dan diatur oleh pihak penyedia layanan. Namun tidak ada salahnya untuk paham proses pemasangannya agar dapat memperbaiki sendiri jika suatu saat router mengalami kendala. Berikut  dijelaskan langkah-langkah memasang router supaya mendapatkan sinyal kuat:

Cara Memasang dan Men-setting Router WiFi

Sebenarnya cara pasang router WiFi itu tidak terlalu sulit. Hanya saja, diperlukan ketelitian supaya sinyal yang tertangkap kuat dan jaringan dapat digunakan, terutama saat proses setting. Perlu disimak, inilah panduan lengkap dalam memasang router:

    • Sambungkan kabel daya yang terdapat di router ke stopkontak terdekat.
  • Kemudian hidupkan router dengan memposisikan tombol daya ke ON.
  • Setelah itu proses menyambungkan router ke modem menggunakan kabel ethernet. Pada router, sambung kabel WAN dan LAN. Lalu sambungkan lagi ke modem, tepatnya pada port kabel LAN.
  • Langkah berikutnya adalah menghubungkan laptop atau komputer ke router memakai kabel LAN (kabel jaringan). Tujuannya untuk menghindari koneksi yang mungkin kurang stabil saat proses instalasi. Hindari menyambungkan antara router dan laptop menggunakan koneksi WiFi, sebab belum terkonfigurasi dengan baik.
  • Pada laptop, buka browser dan akses alamat router untuk masuk ke menu admin. Cek di buku router berapa alamatnya. Tapi biasanya antara 192.168.1.1 atau 192.168.0.1.
  • Karena masih baru, isi bagian username dengan admin.
  • Kemudian pada kotak kata sandi diisi dengan
  • Berikutnya harus memasukkan konfigurasi dan informasi router. Proses ini disesuaikan dengan provider atau jaringan yang digunakan.
  • Lakukan konfigurasi SSID supaya jaringan WiFi bisa terhubung tanpa menggunakan kabel. Ganti nama SSID sebagai langkah keamanan dan lakukan verifikasi. Caranya dengan mengganti di bagian Enable SSID broadcast.
  • Setelah itu lindungi keamanan router dengan mengaturnya di bagian WPA2 Wireless Encryption.
  • Coba uji koneksi dengan menyambungkan device apapun ke jaringan WiFi. Jika berhasil terkoneksi, berarti router sudah berhasil terpasang.

Tips Memasang Router WiFi

Mungkin saja timbul masalah setelah router terpasang, seperti sinyal yang tertangkap tidak terlalu kuat. Itu artinya, masih ada yang keliru, terutama dari posisi router. Oleh karenanya, cermati beberapa tips saat memasang router WiFi di bawah:

1. Jangan Memasang di Sudut Rumah

Tips pertama yaitu hindari meletakkan router di sudut rumah. Mengapa demikian? Karena sinyal yang paling kuat tertangkap malah menuju luar ruangan. Lebih baik memasangnya pada titik pusat dengan posisi tinggi. Tujuannya agar sinyal lebih optimal.

2. Atur Posisi Antena Router

Selanjutnya, perlu juga mengatur beberapa antena yang ada di router. Usahakan tidak menuju ke arah sama, tapi dibuat tegak lurus. Karena dengan begitu, jaringan internet mampu menutupi ke berbagai sudut.

3. Jauhkan Router dari Benda Elektronik

Jangan sampai salah meletakkan router dan malah mendekatkannya dengan benda-benda elektronik. Kemampuan router akan terganggu akibat pancaran sinyal dari alat elektronik, terutama microwave. Jauhkan pula dari benda dengan bahan logam besar.

4. Pastikan Memetakan Lokasi Rumah

Meskipun sering diabaikan, sebenarnya tips ini sangatlah penting. Sebelum memasang router perlu berkeliling ke setiap sudut rumah. Tujuannya agar tahu lokasi yang paling baik menangkap sinyal.

Demikian panduan lengkap dari cara pasang router WiFi hingga proses men-setting. Ketika memutuskan untuk memasang WiFi, tidak ada salahnya memahami pengetahuan dasar ini. Sebab router menjadi komponen utama supaya jaringan WiFi dapat digunakan dengan kualitas jaringan terbaik.