kamera laptop asus tidak berfungsi

Kamera Laptop Asus Tidak Berfungsi_ Ini Cara Mengatasinya

Kamera laptop yang mengalami gangguan menghambat penggunanya dalam mengikuti pertemuan secara online. Banyak faktor yang menyebabkan kamera laptop tidak berfungsi, sehingga cara memperbaikinya pun berbeda. Berikut akan dijelaskan cara mengatasi kamera laptop Asus tidak berfungsi:

1. Berikan Izin Akses Pada Aplikasi Kamera

Cara mengatasi kamera laptop Asus tidak berfungsi pertama adalah dengan memberikan izin aplikasi kamera. Terkadang pengguna lupa belum memberikan akses kamera pada laptop, sehingga kamera laptop tidak bisa berfungsi. Maka dari itu, izinkan kamera laptop untuk mengakses laptop.

Cari serta ketik Camera Privacy Setting pada bilah pencarian Windows, kemudian pilih Open. Klik On pada Camera Access dan Let app access your camera. Pengguna dapat memilih aplikasi kamera apa yang diberikan akses dengan memperluas Let app access your camera.

2. Cek Kamera Dalam Keadaan Aktif Atau Tidak

Salah satu faktor penyebab kamera laptop Asus tidak berfungsi adalah kamera laptop dalam kondisi tidak aktif. Mungkin pengguna tanpa sengaja menonaktifkan fitur kamera pada laptop. Cara mengatasi tidak berfungsinya kamera laptop yang disebabkan kamera tidak aktif dengan mengaktifkan fitur kamera.

Langkah pertama untuk mengaktifkan kamera laptop adalah dengan membuka Device Manager. Setelah itu, klik opsi Cameras atau Imaging Devices lalu klik kanan pada opsi Webcam. Langkah terakhir, pilih Enable Device maka kamera laptop sudah aktif.

3. Cek Driver

Cara mengatasi kamera laptop Asus tidak berfungsi lainnya dengan melakukan pengecekan driver. Gangguan pada kamera laptop dapat disebabkan oleh belum terinstall driver kamera pada laptop pengguna. Permasalahan ini biasanya muncul setelah menginstall ulang Windows.

Cari driver di laptop dengan memasukkan kata kunci driver + merk laptop dan serinya. Apabila driver sudah terinstall di laptop Asus dan tidak berfungsi, maka pengguna dapat mengupdate atau menginstall ulang driver. Sebelum itu, pastikan driver tidak bermasalah.

4. Lakukan Pembaruan Windows

Cara mengatasi kamera laptop Asus tidak berfungsi selanjutnya dengan melakukan pembaruan Windows. Biasanya Windows melakukan pembaruan secara otomatis jika pengguna sudah mengaturnya. Cara ini dilakukan untuk membantu menstabilkan dan mengoptimalkan sistem pada Laptop.

Sebelum melakukan pembaruan sistem Windows, pastikan jaringan internet pengguna lancar. Hal ini dilakukan agar proses pembaruan dapat lancar. Setelah proses pembaruan selesai, secara otomatis laptop akan restart. Cara ini bisa membantu kamera laptop Asus dapat berfungsi kembali.

5. Gunakan Restore Point

Penggunaan Restore Point dapat memperbaiki kamera laptop Asus yang tidak berfungsi. Cara ini bisa dilakukan jika pengguna sudah pernah membuat restore point sebelum kamera laptop tidak berfungsi. Apabila pengguna belum pernah melakukan restore point, maka cara ini tidak bisa digunakan.

Cari create a restore point pada pencarian Windows lalu pilih Open. Pilih System Restore dan klik Next. Kemudian, pilih restore point yang digunakan lalu pilih scan. Setelah itu, ikuti seluruh tahapan dengan memilih Next, Finish dan Yes hingga proses selesai.

6. Lakukan Reset Sistem

Cara mengatasi kamera laptop Asus tidak berfungsi yang terakhir adalah menggunakan reset system. Cara ini dilakukan jika seluruh cara yang sudah dijelaskan di atas sudah dicoba tetapi tidak berhasil. Sebelumnya buat file cadangan file pribadi sebelum mereset sistem laptop.

Ketik di pencarian pada Windows Reset This PC, lalu klik Open. Pada bagian Reset this PC klik opsi Reset PC, kemudian pengguna dapat memilih menyimpan file atau menghapus semua file. Setelah itu, pengguna dapat melanjutkan proses untuk melakukan reset system.

Demikian penjelasan tentang cara mengatasi kamera laptop Asus tidak berfungsi. Apabila cara-cara di atas tidak bisa memperbaiki kamera laptop, maka pengguna harus membawanya ke tempat service laptop. Selain itu, pengguna jika bisa menggunakan webcam eksternal daripada mengganti hardware.